Batam, Ekonomi, Kepri

Tarik Kunjungan Wisatawan, Kadin Batam Gelar Golf Championship Series 2021

Egi | Kamis 26 Nov 2020 19:59 WIB | 292

Pemko/Pemda/Pemrov
Aset Daerah
Pariwisata
Kadin


Pjs Walikota, dan Ketua Kadin Batam saat mencoba memasukan bola golf (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Batam bangkitkan pertumbuhan ekonomi di Batam dengan mendongkrak kunjungan wisatawan lokal maupun nusantara seperti menggelar Batam Golf Championship Series 2021.


Penjabat sementara Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum mengatakan pelaku usaha saat ini masih berusaha untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi di Kota Batam, salah satunya menggelar berbagai event.


"Berbagai event sudah dilaksanakan oleh pelaku usaha di Kota Batam untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi, seperti menggelar event olahraga, pagelaran dan pameran," ujar PJS Walikota Batam di Palm Springs Restaurant Golf dan Country Club, Nongsa pada Kamis (26/11/2020) siang.


Syamsul juga mengatakan, apa yang dilakukan oleh Kadin, ini sangatlah bagus karena ini merupakan olahraga bersifat outdoor.


"Sekarang kalau mengharapkan wisman tidak mungkin, karena dari bulan januari sampai november wisman turun 99 persen, dan wisnus turun 70 persen. Jadi pelaku wisata harus memutar otak agar sektor ini tetap bisa hidup, salah satunya event olahraga golf ini," ungkapnya.


"Apa yang dilaksanakan Kadin ini sangatlah bagus, karena olahraga ini bersifat outdoor, menjaga jarak, olahraga yang bisa bikin happy, psikologis, komersialnya keluar dan aspek kesehatannya dapat," sambungnya.


Lanjutnya, dimasa pandemi Covid-19 ini, beberapa daerah memberlakukan PSBB, yang berdampak terhadap ekonomi. Namun Batam tidak mengambil kebijakan tersebut. Karena memikirkan sektor industri dan lainnya.


"Pelaku sektor wisata tidak mau terpaku dengan pandemi ini. Semua sudah penuhi standar protokol kesehatan. Jadi yang datang ke Batam dijamin aman, sehat untuk berkunjung," imbuhnya.


Intinya, apa yang dilaksanakan oleh Kadin Batam, ini merupakan suatu signal positif bahwa tahun 2021 adalah tahun investasi ekonomi.




Ditempat yang sama, Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Batam, Jadi Rajagukguk mengatakan melalui olahraga masyarakat bisa sehat, dan terhibur. Event ini merupakan awal dari bangkitnya sektor wisata dari pecinta golf.


"Untuk meningkatkan imunitas ekonomi, Kadin hadir membantu pemerintah dengan memulihkan sektor pariwisata melalui event olahraga golf yang akan digelar Maret tahun 2021 mendatang," ujar Jadi Rajagukguk.


Kadin Batam berharap, melalui kegiatan olahraga golf ini, pelaku wisata bisa membangkitkan pertumbuhan ekonomi di Kota Batam.


"Dengan adanya event ini, diharapakan bisa memberikan semangat untuk pelaku wisata. Semoga acara ini bisa berjalan baik dan lancar," ungkapnya.


Ketua Persatuan Golf Indonesia (PGI) Batam, Suyono menjelaskan, menurutnya ini akan jadi event pertama yang akan digelar tahun depan yang diinisiasi oleh Kadin Batam.


"Pandemi memang sudah melemahkan semuanya,  termasuk terdampak sektor wisata. Kami ingin bangkitkan kembali melalui golf ini," kata Suyono.


Maret mendatang diharapkan melalui event ini bisa mendatangkan wisnus ke Batam. Golfer yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, dan DKI mengikuti kegiatan ini.




Dalam kegiatan ini turut hadir Ketua Kadin Jakarta Pusat Viktor Aritonang menyampaikan saya melihat Batam sudah mulai mengembangkan potensi pariwisata.


"Ini merupakan sebuah peluang bagi pariwisata di Batam dan anggota Traveling yang berada di Jakarta Pusat. Itulah momentnya untuk bekerjasama," ujar Ketua Kadin Jakarta Pusat dalam sambutannya.


Lanjutnya, dengan adanya event ini, kita juga akan mempromosikan acara ini di Jakarta Pusat.


"Event golf yang sudah di launching ini, akan kita promosikan di Jakarta Pusat. Tahun depan akan kita usahakan pemain golf di Jakarta Pusat bisa ikut serta event golf ini," pungkasnya (egi)