Batam

Penandatanganan Berita Acara BP dan ATB Berakhirnya Masa Konsesi

Juliadi | Jumat 13 Nov 2020 22:23 WIB | 1808

BP Batam



MATAKEPRI.COM BATAM -- Badan Pengusahaan (BP) Batam dan PT Adhya Tirta Batam (ATB) melaksanakan penandatanganan berita acara berakhirnya masa konsesi BP Batam dan PT ATB, bertempat di Bida Marketing BP Batam, Jumat (13/11/2020).


Kegiatan ini juga dihadiri oleh Deputi VI Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian RI Wahyu Utomo, Pelaksana harian (Plh) Kepala BP Batam Purwiyanto dan Direktur Operasi SPAM Batam (PT. MOYA) Sutedi Raharjo


Persiapan BP Batam yang dioperasikan PT. Moya Indonesia, hampir rampung selama masa transisi dan  para pelanggan tetap mendapatkan Suplai Air dan Pelayanan pelanggan Optimal dan Terukur melalui tanggung jawab BP Batam.


Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dioperasikan oleh PT Moya Indonesia akan segera melakukan proses transisi yang telah diamanahkan pada tanggal 4 September 2020 lalu oleh Kepala BP Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.


Komitmen utama SPAM Batam ini adalah untuk memberikan pelayanan yang 
terbaik bagi warga kota Batam mulai tanggal 15 November 2020 mendatang dan semua persiapan menjelang berakhirnya masa transisi yang dilakukan oleh PT. Moya Indonesia telah mencapai tahapan hampir rampung.


Adapun progess aktifitas menjelang masa transisi tersebut meliputi :
1. Proses hand over akan dilakukan tanggal 13 November 2020, yang akan efektif dioperasikan mulai tanggal 15 November 2020.

2. SPAM Batam di bawah tanggung jawab BP Batam yang dioperasikan oleh PT Moya Indonesia tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga Batam mulai tanggal 15 November 2020.

3. Masing-masing bidang masih terus mempersiapkan, Progress rata2 sudah 
mencapai 99%.

4. Produksi (meliputi orientasi dan penempatan operator sesuai jadwal). 

5. Distribusi termasuk NRW (meliputi review capex, pemetaan jaringan distribusi, 
pengadaan logger jaringan, persiapan operasi GIS dan SCADA, pengenalan 
logger DMZ). 

6. Customer Management (meliputi persiapan pencatatan meter, finalisasi kontrak House Connection, persiapan server, persiapan kantor layanan lainnya).

7. Human Capital dan General Services (meliputi penugasan karyawan, persiapan kantor layanan, persiapan infrastruktur, persiapan pihak pendukung dan lainnya). 

8. Billing, Accounting dan Finance (persiapan mitra penerima pembayaran, 
pencatatan semua arus keuangan, penagihan rekening dan lainnya). 

9. Asset (melakukan pencatatan semua asset yang diterima dan semua investasi baru. 

10. Saat ini pelanggan tetap dapat menggunakan identitas pelanggan yang lama dan tidak mengalami perubahan. 

11. Persiapan aspek Tehnologi Informasi untuk mendukung operasi juga 
dimaksimalkan agar pelayanan dapat berjalan optimal

12. Efektif per tanggal 15 November 2020, layanan pelanggan 24 jam melalui Call Center 150155 siap melayani pertanyaan dan keluhan pelanggan didukung oleh layanan social media yang saling terintegerasi yaitu Instagram, Twitter, Facebook, Email, Website, Live chat. 

13. Pembayaran pelanggan tidak terganggu dan pelanggan dapat melakukan pembayaran tagihan di payment point yang telah ditunjuk. Saat ini masih ada beberapa payment point sedang proses penambahan lokasi. 

14. Pelayanan Kios Air sebanyak 85 sambungan berjalan secara optimal.

15. BP Batam menyediakan 4 mobil tangki air yang siap melayani kebutuhan air pelanggan yang dikoordinasikan melalui Call Center. 

16. Suplai air ke beberapa stress area dapat terlayani, yaitu Hang Kesturi Tj Uma, Sagulung Baru, Kavling Bahagia, Perum putra jaya dan puri pesona, Tanjung Uncang, Kavling Sagulung, Perum Taman Sari Hijau, Tiban kampong, Hang kesturi dan tanjung tritip, Tanjung Uma, Kampung Utama atas–Nagoya, Kampung Belimbing, Bengkong Permai-Bengkong.


PT Moya Indonesia melalui koordinasi dengan BP Batam dalam hal ini melakukan SPAM Batam berkomitmen penuh untuk memberikan hasil yang optimal dalam memberikan pelayanan suplai air dengan kualitas, kuantitas dan kontinuitas yang terukur selain kualitas pelayanan pelanggan yang berkualitas untuk mendukung pelayanan pelanggan
yang maksimal, sehingga Rasio Cakupan Layanan masyarakat penerima manfaat akses air bersih akan bertambah dengan signifikan.


Secara umum hal ini dilakukan sebagai upaya MOYA Indonesia dalam partisipasinya melalui Agenda Nasional dalam bidang pembangunan dan Penyediaan Air Minum di Indonesia mengingat pemenuhan akan hak atas air bersih tersebut mutlak dibutuhkan dan merupakan hak asasi semua Warga
Negara Indonesia.


BP Batam berkomitmen melayani SPAM dengan sebaik-baiknya guna mengakomodir kebutuhan air bersih masyarakat Batam. BP Batam juga menempatkan masyarakat
sebagai prioritas utama dalam pelayanan SPAM. 


Bagi pelanggan dapat melakukan pembayaran di Bank CIMB Niaga, Bank UOB, Bank Riau Kepri, Bank BTN, Bank Bukopin, Indomaret, Alfamart, Bukalapak, Lazada, Blibli, Dana, Link Aja, Grabpay, Shopee, Tokopedia, Fastpay, Bebas bayar, Mybeb, Pay Kaltimtara, Bantenpay, Jogjakita, Truemoney, PPOB Koin, PPOB Bukopin, PPOB JPM, PPOB Dekape, PPOB Imedia, PPOB MPE, PPOB SYB, PPOB Redision, PPOB JKPINDO, PPOB Xlink, PPOB Ottopay, PPOB MST, PPOB NFT, PPOB BMS, PPOB MKM, PPOB Tetkaya dan PPOB Griyabayar. (r/Adi) 



Share on Social Media