Batam, News, Kepri

Bangkitkan Pertumbuhan Ekonomi, Taba Iskandar Lantik Pengurus PDK Kosgoro 1957 se Kepri

Egi | Minggu 08 Nov 2020 19:16 WIB | 1489

Ormas/LSM/Paguyuban/Komunitas
DPRD
Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah


Prosesi pelantikan dipimpin oleh Ketua PDK Kosgoro 1957 Provinsi Kepri, Taba Iskandar (foto:ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Pengurus Pimpinan Daerah Kolektif (PDK) Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) 1957 Provinsi Kepri, melantik 7 (tujuh) PDK Kosgoro Kabupaten dan Kota se Provinsi Kepri dengan masa bakti 2020-2025.


Dalam pelantikan tersebut juga dihadiri oleh ketua DPD partai Golkar Provinsi Kepri, Makhruf Maulana dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kepulauan Riau Dr.Ir Lamidi.


Ketua PDK Kosgoro 1957 Provinsi Kepri, Taba Iskandar mengatakan, untuk di wilayah Kepri, seharusnya pelantikan pengurus Kosgoro kabupaten/kota dilakukan sejak beberapa bulan yang lalu, dikarenakan adanya pandemi virus corona, pelantikan baru bisa dilaksanakan sekarang.


"Pembentukan musyawarahnya dilakukan pada awal tahun 2020 lalu, namun karena pandemi Covid-19 pelantikannya baru bisa dilaksanakan hari ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," ucap Taba Iskandar didampingi oleh Sekretaris PDK Kosgoro 1957, Sudirman dan wakil sekretaris, Oskar usai pelantikan, di Hotel PIH Batam Center pada Sabtu (7/11/2020) sore.


Dikatakannya, Kosgoro memiliki semboyan Tri Dharma yaitu, Pengabdian, Kerakyatan dan Solidaritas. Selain pelantikan dan pengukuhan PDK Kosgoro 1957 Kabupaten dan Kota Se-Provinsi Kepri, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pembentukan Koperasi Serba Usaha Kosgoro 1957 Provinsi Kepri.


"Tujuan dari pendirian Koperasi itu adalah karena cikal bakal Kosgoro 1957 itu latar belakangnya adalah Koperasi dan bergerak dari ekonomi kerakyatan, terutama adalah untuk mengangkat ekonomi anggota Kosgoro 1957,"bebernya.




Taba Iskandar menjelaskan, kegiatan dari Kosgoro adalah kemasyarakatan dan kekaryaan, terutama adalah bergerak dibidang koperasi ekonomi kerakyatan.


"Kedepannya juga akan dilakukan bakti sosial dan pelatihan-pelatihan kepemimpinan, pemberdayaan perempuan dengan organisasi sayap, yaitu persatuan perempuan Kosgoro dan juga ada generasi muda Kosgoro," ungkapnya.


Lanjutnya, kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya untuk masyarakat adalah sembako murah dan sembako gratis. Selain itu penghijauan dengan cara membagikan bibit tanaman produktif di perumahan-perumahan.


"Acara ini berlangsung berkat kerjasama dan bantuan Pemerintah Kepri melalui Kesbangpol. Kosgoro adalah ormas dan bukan organisasi politik. Tapi berdasarkan sejarahnya Kosgoro ini pendiri partai bersama SOKSI dan MKGR organisasi yang mendirikan partai Golkar," kataTaba.


Ditempat yang sama, Sekretaris PDK Kosgoro 1957 Provinsi Kepri, Sudirman mengatakan, Koperasi yang dibentuk itu awalnya akan dipakai dalam bidang pemasaran, seperti produk yang di produksi oleh persatuan perempuan Kosgoro.


Selain itu juga ada produk hasil olahan kerupuk di Kabupaten Anambas yang nantinya akan di pasarkan di Batam. Namun yang jadi persoalan di Anambas itu adalah tidak ada kapal kargo yang langsung ke Batam.


"Dari Dinas Koperasi sepertinya akan bisa membantu dalam bentuk peralatan dan itu adalah modal utama untuk usaha, disamping keahlian. Kita ingin mengembalikan semangat pembentukan Kosgoro yang awalnya adalah gerakan Koperasi dan itu akan kita tumbuh kembangkan," ujar Sudirman (egi)



Share on Social Media