Batam

Pemko Batam Promosikan Pariwisata dan Batik Marlin di Bandung

Juliadi | Kamis 05 Nov 2020 16:28 WIB | 2123

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Wisman
Pariwisata
UKM



MATAKEPRI.COM BATAM -- Pemerintah Kota (Pemko) Batam mempromosikan pariwisata dan Batik Marlin hingga ke Bandung, Jawa Barat. Melalui kegiatan itu, Batam menargetkan wisatawan nusantara untuk berkunjung ke kota yang berseberangan dengan Singapura dan Malaysia itu.


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, Bandung sengaja dipilih sebagai lokasi promosi mengingat Batam menargetkan pengunjung milenial. Selain itu, beberapa desain batik yang dipromosikan juga bertajuk milenial.


"Kita kenal Bandung banyak kalangan milenial dan kita ingin mereka tahu pariwisata Batam dan Batik Marlin," ujar Ardi, Kamis (5/11/2020).


Di kesempatan itu pula, Ardi mengatakan, respons para pengunjung stan yang berada di Cihampelas Walk itu sangat positif.


"Beberapa pemuda yang kita tanya rata-rata mereka ingin berkunjung ke Batam," ujarnya.


Ardi juga mengungkapkan, bahwa Batam sangat aman untuk dikunjungi pagi wisatawan di masa pandemi. Pasalnya, kata dia, Batam sangat ketat dalam menerapkan protokol kesehatan bagi pelaku pariwisata.


"Jangan khawatir, Batam aman dikunjungi. Sejumlah hotel dan destinasi wisata sudah bersertifikat protokol kesehatan," ujarnya.


Bahkan, kata dia, melalui program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) destinasi dan usaha pariwisata kembali melakukan sertifikasi standar kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan (CHSE).


"Ini sangat meyakinkan wisatawan agar tak khawatir saat berkunjung ke daerah lain untuk berwisata," kata dia.


Ardi mengaku, di masa pandemi ini, pihaknya terus menggaungkan pariwisata Batam. Meski kunjungan masih rendah, namun setidaknya para wisatawan punya keinginan untuk berkunjung.


"Tak banyak untuk wisatawan Nusantara(Winus) bagi wisman wisatawan Mancanegara (Wisman) juga kita lakukan promosi melalui digital. Tujuan kita agar mereka punya kesan khusus dan ingin berkunjung ke Batam," kata dia.


Selain di sektor pariwisata, Batik Marlin juga sangat cocok dipromosikan di Bandung. Ia berharap, melalui kegiatan ini pula Batik Marlin makin dikenal di Nusantara.


"Tak hanya dalam negeri, Batik Marlin juga sudah dipromosikan hingga ke Dubai dan negara-negara tetangga," katanya. (Adi) 



Share on Social Media