Batam

Bincang Santai Bersama BTPB, BP Batam dan Disbudpur

Juliadi | Sabtu 31 Oct 2020 20:25 WIB | 1441

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
BP Batam
Wisman
Pariwisata


Suasana bincang santai, Sabtu (31/10/2020). Foto : Adi


MATAKEPRI.COM BATAM – Batam Tourism and Promotion Board (BTPB) bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Budaya (Disbudpur) Kota Batam dan Badan Pengusahaan (BP) Batam menyelenggarakan bincang santai beretempat Taman Rusa Kawasan Tanjung Pinggir, Sekupang, Kota Batam, Kepri, Sabtu (31/10/2020).


Dalam kegiatan ini sebagai narasumber Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam Syamsul Bahrum, Plh Kepala BP Batam Purwiyanto yang diwakili Direktur Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam Dendi Gustinandar, Kadisbudpar Kota Batam Ardiwinata, GM Palm Spring Steven Japari, GM Batam View Resort Anddy Fong, GM Terminal Ferry Sekupang, Jumarli, Chairman BTPB Rahman Usman, Direktur Badan Usaha dan Fasilitas BP Batam Binsar Tambunan. 


Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktur Exsekutif BTPB Edi Sutrisno, HPI Kota Batam, ASITA Kepri, IPI, Jurnalis dan serta blogger. 


Pjs Wali Kota Batam Syamsul Bahrum (tengah), Sabtu (31/10/2020) 


Pjs Wali Kota Batam Syamsul Bahrum mengatakan, Hotel yang ada di Batam yang telah memiliki sertifikat protocol kesehatan ada 121 hotel dan jumlah ke depan akan semakin meningkat. 


Lanjut dikatakan Syamsul, hotel yang sudah mendapatkan sertifikat agar benar-benar menerapkan sesuai dengan standar protokol kesehatan dan apabila tidak menerapkan sesuai standar protocol kesehatan, sertifikat tersbut akan dicabut kembali.


Chairman BTPB Rahman Usman, Sabtu (31/10/2020) 


Chairman BTPB Rahman Usman mengatakan, bahwa, semua pelaku pariwisata menghadapi paradigma baru sehubungan dengan covid-19 ini, khususnya pada bidang CHSE.


Menurut Usman, semua pihak kini mengikuti SOP yang telah dibuat Pemko Batam dapat menjadi pintu masul internasional yang terbaik dan mampu bersaing jika ada direct flight ke Batam. 


“Jika ini terwujud, multiple efeknya akan sangat terasa sangat luar biasa dan dapat mengangkat PAD Batam,” tutur Usman.


Usman menambahkan, tidak berkemungkinan Batam menutup kemungkinan Batam bisa mengalahkan Bali. 


“Apalagi nanti jika ada penerbangan lansung dari berbagai kota itu, efeknya akan sangat luar biasa,” ujarnya.


Direktur Direktur Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam Dendi Gustinandar menjelaka, bahwa Taman Rusa sebagai destinasi dibangun pada tahun 2003 dan aktif sebagai destinasi pariwisata di tahun 2019.


Direktur Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam Dendi Gustinandar, Sabtu (31/10/2020) 


Dikatakan Dendi, BP Batam sangat mendukung segala bentuk percepatan ekonomi melalui destinasi pariwisata dengan tetap menjaga protokol kesehatan.


Sementara itu, Kadisbudpur Kota Batam Ardiwinata menambahkan, Pemko Batam sangat siap dalam menerapkan protokol kesehatan dalam bidang pariwisata atau CHSE.


Sebelum dikatakan Ardiwinata, TCA disepakati dan Singapura dan Indonesia sudah saling membuka diri. Namun terbatas untuk 4 kunjungan saja, ditambah dengan TCA saat ini menjadi 5 jenis kunjungan.


“Jadi ada 5 jenis kunjungan yang diperbolehkan, yaitu pemegang Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas), pekerja di sektor airline dan marine, pekerja di sektor vital, diplomat dan terakhir TCA,”


“Batam sangat siap jika pintu wisatawan benar-benar dibuka lagi,” ucap Ardiwinata.


Ardiwinata mengatakan, supaya para media masa untuk memberitakan hal tersebut, sehingga wisatawan mau datang ke Batam.


GM Batam View Resort Anndy Fong juga menyampaikan, dimasa pamdemi Covid-19 membuat sektor pariwisata terpuruk, akan tetapi tidak membuat ia putus asa.  


“Di masa-masa Covid 19 ini, kita ambil positifnya. Bagaimana Covid ini meminta kita kembali ke hal-hal dasar. Terutama kebersihan,” tutur Anddy.


Ia juga telah menyakinkan para agen perjalanan wisata di luar negeri bahwa Batam aman untuk dikunjungi. 


Hal senada juga disampaikan GM Palm Spring Steven Japari, bahwa Palm Spring juga sudah menerapkan protokol kesehatan tersebut


Direktur Badan Usaha dan Fasilitas BP Batam Binsar Tambunan menyampaikan bahwa Batam sudah siap menyambut wisatawan asing bila pintu itu kembali dibuka. (Adi)



Share on Social Media