Karimun

Rapat Koordinasi Satgas Penanganan COVID-19, Perketat Penerapan Prokes

| Senin 26 Oct 2020 20:01 WIB | 1446

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah


Pembahasan terkait peningkatan kasus positif dari cluster perusahaan


MATAKEPRI.COM -- KARIMUN Penyebaran virus COVID-19 semakin menjadi belakangan ini. Sampai hari ini, senin (26/10) ada 20 penambahan kasus positif baru di Kabupaten Karimun. Diketahui penambahan-penambahan kasus positif COVID-19 ini muncul dari cluster perusahaan.


Tajuk perusahaan tangguh beberapa waktu lalu ternyata tidak dapat menghentikan penyebaran COVID-19 pada masa tatanan hidup baru. Perusahaan tangguh yang semula digadang-gadangkan akan menjadi contoh dalam menghambat lajunya penyebaran virus ini ternyata memberikan hasil yang berlawanan.


Berdasarkan hal tersebut diatas, bertempat di gedung Cempaka Putih, Pjs Bupati Karimun Heri Andrianto yang didampingi oleh Sekda Karimun mengadakan rapat terkait peningkatan kasus COVID-19 dari cluster perusahaan.


"Hari ini tercatat ada penambahan kasus positif COVID-19 sebanyak 20 kasus, yang mana pasien berasal dari cluster perusahaan, untuk itu cluster perusahaan terutama PT. Seipam dapat melakukan penindakan dengan lebih perketat protokol kesehatan, serta penanganan yang lebih dari sebelumnya guna untuk mencegah adanya penularan lebih lanjut", ujar Pjs Bupati Karimun pada saat rapat.


Pada saat yang bersamaan, Kepala klinik PT. Seipam Dr. Erwin mengatakan Saat ini perusahaan besar yang berada di wilayah kabupaten Karimun sudah memberikan penanganan kasus yang super ketat untuk seluruh karyawan yang memasuki area perusahaan seperti cek suhu tubuh, penyemprotan desinfektan, cuci tangan dan memakai masker.


Pada masa tatanan baru, masyarakat mulai beraktivitas hampir layaknya seperti sebelum virus COVID-19 mewabah. Perbedaannya hanya pada masa ini seluruh masyarakat dianjurkan untuk melakukan rutinitas dengan mengedepankan protokol kesehatan.


Hal yang sama juga disampaikan oleh Sekda Karimun Muhammad Firmansyah. "Untuk memperketat protokol kesehatan mungkin tidak sulit, akan tetapi penerapan protokol kesehatan itu yang sulit itu dilakukan, sejauh ini kita ketahui sudah beberapa Surat Edaran Bupati Karimun yang dikeluarkan agar masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan pada masa tatanan baru ini ", ungkap Sekda Karimun.


Pada Rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Karimun yang dipimpin langsung oleh Pjs Bupati Karimun pagi ini, juga dihadiri oleh Dandim,  Danlanal, Kapolres dan Pimpinan-pimpinan perusahaan yang ada di Kabupaten Karimun.(Iwan)



Share on Social Media