Lifestyle, Nasional

Jaga Kesehatan Selama Beraktivitas, Anak Muda Perlu Lakukan Hal Ini!

Juliadi | Kamis 22 Oct 2020 11:56 WIB | 3463

Kesehatan


Foto : Ilustrasi


MATAKEPRI.COM JAKARTA – Di era sekarang ini, gaya hidup sehat dan aktif sudah menjadi tren di kalangan anak muda. Selain untuk memperbaiki mood, gaya hidup sehat dan aktif juga dapat menjaga kesehatan tubuh.


Meski saat ini kita memiliki keterbatasan dalam beraktivitas, namun banyak dari kalangan anak muda yang tetap mempertahankan gaya hidup sehat dan aktif dengan banyak melakukan kegiatan serta berolahraga selama di rumah.


Untuk menunjang gaya hidup aktif, sangat penting untuk memastikan bahwa kita menjaga kesehatan serta memberikan asupan nutrisi yang tepat dalam keseharian.


dr. Juwalita Surapsari, Sp.GK, M.Gizi dari Perhimpunan Nutrisi Indonesia mengatakan, bahwa kalangan remaja dan anak muda harus memiliki gaya hidup aktif dan tetap menjaga kesehatan tubuh.


"Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk tetap menjaga gaya hidup aktif selama kita beraktivitas, cukupi kebutuhan Energi Harian, semakin banyak aktivitas fisik yang kita lakukan, otomatis kebutuhan akan sumber energi juga semakin banyak," ujar Juwalita.


Dilihat dari jumlahnya, setiap orang memiliki kebutuhan energi yang berbeda berdasarkan usia, jenis kelamin, tinggi, berat badan, dan aktivitas fisik.


"Untuk menunjangnya, kita perlu memperhatikan pola makan teratur dan ideal, yang terdiri dari tiga kali makan utama dan dua kali selingan atau snack, sesuai anjuran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia," katanya.


Pola makan teratur juga perlu didampingi dengan asupan gizi seimbang dari makanan yang kita konsumsi.


“Saat ini, anak-anak muda berlomba untuk menampilkan kebiasaan olahraga dan makan sehat yang menjadi bagian dari gaya hidup mereka. Yang perlu diperhatikan dari gaya hidup sehat tersebut termasuk di antaranya nutrisi yang dikonsumsi agar bisa mencakup semua kebutuhan gizi makronutrien (karbohidrat, protein, dan lemak) dan gizi mikronutrien (vitamin dan mineral). Ingatlah bahwa makanan atau minuman yang dikonsumsi tidak berarti hanya untuk mencukupi kebutuhan kalori saja, namun juga harus memenuhi makronutrien maupun mikronutrien penting,” ujar Juwalita.


Pahami Kandungan Makanan yang Dikonsumsi.


"Untuk mempermudah dalam memilih makanan, kita bisa menggunakan panduan piring makan, yaitu setengah dari piring makan kita harus mengandung sayuran atau buah-buahan, kemudian seperempat dari piring kita diisi dengan protein dan seperempat lainnya mengandung karbohidrat," jelas Juwalita.


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga mengeluarkan Pedoman Gizi Seimbang (PGS), yang berisi manfaat makanan sehat bagi tubuh, panduan makan sehat, dan ditambah panduan pola hidup sehat seperti aktivitas fisik dan kebersihan diri.


"Agar asupan protein tercukupi, kita bisa mengonsumsi makanan seperti ikan, ayam, telur, daging, dan susu. Mengapa? Karena protein merupakan salah satu makronutrien, yang menjadi komponen utama pembentuk otot dan jaringan tubuh, serta untuk membentuk hormon, enzim, dan hemoglobin yang amat penting dalam berbagai fungsi penting dalam tubuh," tutur Juwalita.


Dikatakan Juwalita, olahraga dan Istirahat yang Cukup.


“Selain mengonsumsi berbagai jenis makanan di atas, kita juga perlu olahraga untuk menjaga daya tahan tubuh. Apa pun dan di mana pun aktivitas yang kita lakukan, tetap usahakan untuk bangun dari tempat duduk setiap dua jam sekali untuk berjalan di sekitar rumah dan berolahraga ringan. Istirahat dan tidur yang cukup juga penting untuk dilakukan. Remaja dan orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 7 jam sehari untuk bisa mempertahankan imunitas tubuh,” tambah Juwalita.


Mengonsumsi Minuman Mengandung Susu, Susu merupakan salah satu alternatif sumber nutrisi penting yang bisa membantu mencukupi kebutuhan tubuh kita akan protein yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh, khususnya di kondisi yang tidak menentu dan masih rentan penyakit saat ini.


“Susu dan berbagai minuman yang mengandung susu dapat membantu melengkapi kebutuhan makronutrien dan mikronutrien tubuh kita. Dalam keadaan di mana kita diharuskan melakukan berbagai beraktivitas di rumah, sangat penting untuk tetap aktif dan berolahraga untuk tetap menjaga kesehatan. Oleh karena itu, susu bisa menjadi solusi praktis untuk menambah kembali nutrisi yang terbuang selama kita beraktivitas,” tutup dr. Juwalita.


Menjawab kebutuhan akan susu tersebut, NUTRIBOOST dengan logo VITA GO hadir sebagai minuman mengandung susu serta vitamin B3, B6, E dan Zinc. Vitamin B3 dan B6 baik untuk metabolisme dan pembentukan energi, serta memberikan semangat untuk jalani aktivitas sehari-hari.


Sementara itu, Hans Kristian Kusuma, Senior Brand Manager – Dairy, PT Coca-Cola Indonesia menambahkan, NUTRIBOOST dengan logo VITA GO dapat menjadi salah satu pilihan nutrisi praktis untuk tubuh agar anak muda bisa selalu siap dan bersemangat jalani aktivitas sehari-hari di manapun dan kapanpun.


“Meskipun saat ini kita hanya bisa beraktivitas secara terbatas, bukan berarti kita bisa mengabaikan gaya hidup aktif dan sehat," imbuh Hans.


Untuk itu, jangan lupa konsumsi Nutriboost sebagai salah satu pilihan minuman dengan kandungan susu yang bernutrisi. Tentunya, tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak serta menjaga pikiran agar tetap positif. (r/Adi) 



Share on Social Media