Batam

Habis Gelap Bangkitkan Terang, Bangkitkan Semangat Anak Bangsa.

Juliadi | Sabtu 10 Oct 2020 18:56 WIB | 1779

Covid-19



MATAKEPRI.COM BATAM – Dampak pandemi Covid-19 kian meluas di berbagai sektor kehidupan secara global. Indonesia pun turut terpuruk. Angka kasus terkonfirmasi Covid-19 terus meningkat setiap harinya hingga menembus ratusan ribu jiwa, diiringi bertambahnya angka kematian akibat pandemi ini. Pandemi tak hanya melemahkan sektor kesehatan, namun juga mengistirahatkan roda ekonomi bangsa.


Ibu Pertiwi dihempas multikrisis, membawa anak bangsa pada jurang depresi nasional. Namun, benih-benih optimisme terus ditanam dengan solidaritas kepedulian terhadap sesama. Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kepulauan Riau turut membersamai perjuangan anak bangsa bertahan di masa sulit ini sejak pandemi menjangkit Indonesia pada awal Maret lalu.


“Pandemi bergerak begitu cepatnya dan menggerogoti berbagai sendi kehidupan di Indonesia. Di awal pandemi, kami berjuang bersama para tenaga medis dan warga prasejahtera. Kami ajak masyarakat untuk saling menguatkan melalui gerakan ‘Bersama Lawan Corona’, ‘Aksi Bantu Indonesia’, dan ‘Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan’. Karena kami yakin, kepedulian yang hadir di masa sulit ini menjadi semangat bagi bangsa untuk bangkit bersama,” jelas Ketua Dewan Pembina ACT Ahyudin, Sabtu.


Dengan kondisi krisis yang bereskalasi, gerakan kepedulian yang lebih besar dibutuhkan untuk meluaskan aksi-aksi nyata yang dapat meredam dampak pandemi. Aksi Cepat Tanggap pun senantiasa menghadirkan program-program kemanusiaan dan mengajak lebih banyak masyarakat dalam aksi kedermawanan. ‘Bangkit Bangsaku’ menjadi semangat utama ikhtiar ini dan akan terus digaungkan bersamaan dengan rangkaian aksi nyata berbagai elemen masyarakat.


“Pandemi menelan berjuta harapan bagi anak Bangsa, termasuk di wilayah Kepulauan Riau,” ungkap Ronio General Manager ACT Kepri saat mendeklarasikan gerakan “Bangkit Bangsaku”, Jum’at (9/10/2020).


Gerakan “Bangkit Bangsaku” akan fokus pada penyelamatan tiga sektor vital yang kini sangat terdampak pandemi, yakni sosial, ekonomi, dan kesehatan. Di sektor sosial, ACT lanjut menopang kebutuhan pokok masyarakat Indonesia, utamanya pangan, melalui sejumlah program pangan. Hal ini mengingat pangan menjadi kebutuhan utama yang sulit dipenuhi di masa pandemi ini akibat keterpurukan ekonomi keluarga.


“Insyaallah kami akan terus mendampingi masyarakat Indonesia, banyak gerakkan yang saat ini menjadi prioritas seperti Lumbung Sedekah Pangan, Operasi Pangan Gratis, Operasi Makan Gratis, serta mamasifkan aksi pekanan kita seperti Jum’at Berkah, kita juga mengajak mitra-mitra kita untuk mendukung pahlawan garda depan di Rumah Sakit,” terang General Manager ACT Kepri Ronio.


Sementara di sektor ekonomi, ACT lanjut membantu para pelaku usaha mikro dan ultra mikro bertahan dan bangkit di tengah ancaman resesi ekonomi. Hal ini diharapkan mampu mendorong perekonomian bangsa yang banyak disokong dari sektor UMKM.


Di sektor kesehatan, ikhtiar preventif terhadap penyebaran virus corona terus digencarkan. Sejumlah ikhtiar tersebut antara lain aksi disinfeksi, penyediaan APD bagi pejuang medis, hingga dukungan pangan dan multivitamin bagi tenaga kesehatan yang menangani langsung kasus Covid-19.


“Bangsa kita butuh disemangati sebuah gerakan, penyadaran terhadap berbagai permasalahan, pembuka jalan solusi dan implementasi nyata, serta penjaga optimisme tetap menyala. Seluruh aksi ini membutuhkan kolaborasi besar berbagai elemen masyarakat. Semua anak bangsa diundang kontribusinya, menyiarkan semangat dan ide untuk bangkitkan bangsa. Bersama, kita akan gulirkan bola salju kepedulian kita untuk Indonesia,” tegas Ronio. (r/adi)



Share on Social Media