Batam

Operasi Tertib Masker Dinilai Efektif, Satpol PP dan Ditpam BP Bakal Lebih Gencar

Juliadi | Minggu 20 Sep 2020 23:52 WIB | 1676

BP Batam



MATAKEPRI.COM BATAM - Satpol PP Kota Batam menggelar prosedur protokol kesehatan di alun-alun SP Plaza Kecamatan Sagulung, Sabtu (19/9) malam. Sebanyak 130 warga terjaring melanggar protokol kesehatan sesuai perwako nomor 49/2020 karena tidak masker.


“Tim gabungan turun mulai pukul 21.00 WIB dan selesai sekitar 00.15 WIB. Dari operasi kali ini menjaring 130 warga yang langgar protokol kesehatan dengan tidak menggunakan masker, ”tutur Kepala Satpol PP Batam, Salim.


Dalam operasi kali ini, sebanyak 78 personel yang tergabung dari Satpol PP, Dinas Perhuhungan, Polri, TNI, DLH, Dinas PTSP, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, dan Ditpam BP Batam diturunkan untuk melakukan pengawasan di sekitar SP Plaza.


Operasi ini adalah langkah Satpol PP bersama Tim Terpadu Kota Batam dalam menegakkan Perwako Nomor 49/2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan di Kota Batam.


“Seperti dalam kegiatan sebelumnya, bagi pelanggar, saat ini masih diberikan berupa teguran tertulis dan membuat pernyataan tidak melakukan pelanggaran, jika pada operasi selanjutnya terjaring lagi maka sanksi dapat ditingkatkan sesuai yang diatur dalam Perwako no 49/2020, Saat di BAP mereka diwajibkan mengenakan rompi oranye bertuliskan 'Saya Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19'. Harapannya dengan itu bisa memberikan efek jera, ”ungkapnya.


Menurut Salim, Satpol PP Kota Batam akan terus melakukan operasi ini sebagai langkah sosialisasi kepada masyarakat menaati protokol kesehatan, yakni memakai masker jika beraktivitas di luar rumah.


“Pemerintah Kota Batam memilih tidak memberlakukan sanksi denda, karena melihat kondisi saat ini. Jika sanksi denda diberlakukan takutnya malah akan membebani masyarakat, ”kata dia.


Pihaknya yang berani melakukannya dengan bijaksana dengan efek jera, masyarakat bisa lebih disiplin dalam penggunaan masker. Karena ini sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 di Kota Batam.


“Karena kesadaran masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 ini juga penting. Jadi harapannya masyarakat tidak abai dalam menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker keluar rumah. Secara umum tingkat kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker saat ini masih sangat perlu peningkatan pendisiplinan. Makanya tim kita akan rutin turun, ”kata Salim. (r/Adi)



Share on Social Media