Batam

Lanud Hang Nadim Bersama Ditpam BP Batam Tertibkan KKOP

Juliadi | Selasa 15 Sep 2020 21:56 WIB | 2571

BP Batam
TNI/Polri
Lanud



MATAKEPRI.COM BATAM -- Pangkalan TNI AU (Lanud) Hang Nadim bersama-sama dengan Direktorat Pengamanan Aset Badan Pengusahaan (Ditpam BP) Batam, melaksanakan patroli guna menertibkan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) termasuk lokasi yang bersinggungan dengan pemukimanan masyarakat yang berada disekitar landasan pacu Bandara Hang Nadim Batam, Selasa (15/9/2020).

Operasi penertiban kali ini sebagai tindak lanjut dari penertiban yang sudah dilaksanakan sekitar satu Minggu yang lalu. 


Menurut informasi dari salah satu personil Ditpam BP Batam bahwa himbauan berupa surat resmi sudah pernah dilayangkan ke masyarakat sekitar landasan terutama bagi pengelola lahan tersebut bahwa pengelolaan lahan disekitar landasan tanpa izin merupakan tindakan melanggar hukum.

Hasil dari penertiban kali ini sangat mengejutkan bagi petugas baik dari Lanud Hang Nadim maupun dari Ditpam BP Batam.  


Hal ini dikarenakan bahwa penggunaan atau pengelolaan lahan disekitar landasan pacu bandara Hang Nadim ternyata terdapat semacam pungli atau sewa yang dilakukan oleh oknum tertentu.  


Informasi yang diperoleh dari pengelola lahan, sebut saja SC, dikenakan tarif sewa lahan sebesar Rp 1,5 juta dan dibayarkan kepada MT.  


Sampai berita ini diturunkan, pihak MT belum dapat dikonfirmasi tentang sewa-menyewa lahan di sekitar landasan pacu tersebut.

Tidak puas sampai disitu, tim merangsek ke lokasi lebih dalam dan didapatkan peternakan babi dibeberapa titik serta tempat pencucian pasir. Sementara pemilik dari peternakan babi masih belum dapat dikonfirmasi. 


Namun melalui pekerja penjaga peternakan babi, pihak Lanud Hang Nadim sudah memberikan peringatan secara lisan dan persuasif agar peternakan tersebut segera di bersihkan atau dibongkar dengan suka rela. 


“kami berikan kesempatan dan kelonggaran waktu selama satu minggu kepada pengelola peternakan agar segera membongkar dan membersihkan lahan tersebut dari aktifitas tak berizin. Termasuk kegiatan sewa-menyewa lahan, harus kita berani,” tegas Komandan Lanud Hang (Danlanud) Nadim Letkol Pnb Urip Widodo.(r/Adi) 



Share on Social Media