Batam, News, Kepri

Syukuran HUT Pelopor Ke-61, Satbrimob Polda Kepri Gelar Upacara Secara Virtual

Egi | Senin 14 Sep 2020 15:21 WIB | 1986

Polda Kepri
Motor/Mobil


Pelaksanaan Upacara HUT Pelopor Ke-61, Dansat Brimob Polda Kepri Kombes Pol M Rendra Salipu didampingi Wadansat (Foto:Eg


MATAKEPRI.COM BATAM -- Satuan Brimob Polda Kepri melaksanakan syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Pelopor Ke-61 secara Virtual Video Zoom yang dipimpin langsung oleh Danpas Pelopor Korbrimob Polri Brigjen Pol Drs Imam Widodo.


Dalam amanat upacara, Danpas Pelopor Korbrimob Polri menjelaskan kepada seluruh prajurit yang berada dari Sabang sampai Merauke tentang sejarah terbentuknya Pelopor Korps Brimob Polri.


Pada bulan Januari 1959, pemerintah AS dan Flipina memberikan bantuan pelatihan militer dan senjata kepada Brigade Mobil dari Kepolisian Republik Indonesia. 




"Ada 8 perwira polisi yang dididik di Okinawa (pangkalan marinir AS) sebagai kontingen pertama. Selanjutnya pada bulan September 1959 kompi pertama Brimob Ranger telah dibentuk. Pada pertengahan 1960 kontingen kedua perwira polisi Indonesia kembali dididik menjadi Ranger," ujar Danpas Pelopor Korbrimob Polri pada Senin (14/9/2020) pagi melalui virtual video zoom di Mako Brimob Polda Kepri.


Pasukan Ranger dari Brigade Mobil ini dibentuk untuk mengatasi pemberontakan bersenjata dalam negeri.


"Meskipun instruktur pelatihan Ranger ini sebagian besar dari marinir AS di Okinawa namun pola latihan mereka merupakan gabungan dari Ranger AD, AS dan pasukan Recon USMC (United States Marine Corps)," imbuhnya.




Hasilnya, Kompi 5994 Ranger Mobile Brigade (Maknanya, tahun 59 dengan jumlah kesatuan 94) dengan kekuatan 94 personil. Jumlah ini terus bertambah hingga pada 1960 nama kompi ini diubah menjadi Resimen Pelopor. 


Motto Pelopor Wajracyena bagaikan petir yang menggelegar bermakna pasukan pelopor adalah pasukan gerak cepat penghancur kejahatan.


Dansat Brimob Polda Kepri Kombes Pol M Rendra Salipu juga mengatakan, syukuran HUT Pelopor Ke-61 ini dilaksanakan upacara secara virtual.




"Upacaranya diikuti oleh Jajaran Korps Brimob Polri, Pasukan Pelopor Korps Brimob Polri dan seluruh jajaran Satuan Brimob Daerah," ujar Kombes Pol M Rendra Salipu didampingi Wadansat Brimob, Perwira dan Personel," di Mako Brimob Polda Kepri.


Selain itu, Brimob Polda Kepri juga selalu melaksanakan kegiatan yang untuk mengatasi penyebaran Covid-19, membantu warga yang terdampak, dan selalu memberikan himbauan kepada masyarakat untuk patuhi protokol kesehatan.


"Melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah hukum Polda Kepri, berbagi makan siang kepada warga, berbagi paket sembako, berbagi masker, dan juga selalu memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap patuhi protokol kesehatan," ungkapnya.




Kombes Pol M Rendra Salipu juga menambahkan, Brimob Polda Kepri siap melaksanakan pengamanan jalannya Pilkada serentak di Wilayah Kepri yang akan dilaksanakan pada 09 Desember 2020 mendatang.


"Kita saat ini dilibatkan dalam pengamanan di Kantor KPU dan pengamanan melekat pada Ketua Bawaslu," imbuhnya.


Setelah pelaksanaan upacara Syukuran HUT Pelopor Ke-61, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang akan dilaksanakan secara serentak.


Sementara itu dilokasi upacara di Korps Brimob dihadiri Purnawirawan Sesepuh Brimob diantaranya hadir Komjen Pol Pur Yusuf Manggabarani, (egi)




Share on Social Media