Batam

Danlantamal IV Hadiri Acara Shipnaming dan Launching 2 Unit PC 40

Juliadi | Selasa 25 Aug 2020 07:29 WIB | 2294

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM BATAM – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlatamal) IV  Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han., hadiri acara Shipnaming (penamaan) dan Launcing (peluncuran) pengadaan 2 unit Kapal Patroli Cepat (PC) 40 meter Koarmada, di Galangan Kapal PT. Karimun Anugrah Sejati (KAS) Tanjung Uncang Batam Kepri, Senin (24/8/2020).


Pembangunan dua unit kapal tipe Kapal Perang RI (KRI) ini, dikerjakan oleh putra-putra terbaik bangsa, hal tersebut ditandai  dengan pemberian nama  oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny.Vero Yudo Margono yaitu Karontang dan Mata Bongsang, kemudian peluncuran kapal PC 40 meter Mata Bonsang oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dan penandatanganan Berita Acara antara Kadisadal dan Direktur PT.Karimun Anugrah Sejati yang disaksikan oleh Kasal.


Dalam sambutannya Kasal mengatakan “Pembangunan Kapal Patroli Cepat 40 meter ini merupakan wujud kontribusi TNI Angkatan Laut dalam mendukung kemandirian industri pertahanan dalam negeri, yang pada akhirnya meningkatkan laju perekonomian bangsa dan kesejahtraanrakayat Indonesia, khususnya untuk melewati masa krisis resesi dunia dan kontraksi ekonomi Nasional akibat dari krisis global covid-19”, ujarnya.


“Saat ini kita kita melaksanaan penamaan dan peluncuran dua kapal PC 40 meter KRI Karotang-872 dan KRI Mata Bongsang-873, yang nantinya akan memperkuat Satuan Patroli (Satrol) Lantamal X Jayapura dan Satrol Lantamal I Belawan,kita harapakankehadiran kedua kapal ini akan meningkatkan performa tugas-tugas TNI Angkatan Laut didaerahnya”, jelas Kasal.


Kasal dengan tegas mengatakan”Kita tunjukkan kepada bangsa lain, bahwa kita mampu berdiri diatas kaki sendiri, sambil terus mengejar segala ketertinggalan yang sudah terjadi selama ini. Bangsa Indonesia harus menjadi bangsa yang kompetitif yang mampu bersaing dipasaran Internasional termasuk industri perkapalan”, pungkasnya.


Hadir dalam acara tersebut Para Pejabat Utama Mabesal, Para Pangkotama, Wakil Ketua Umum Jalasenastri Pusat Ny. Wik Ahmd Heri, Para Ibu Pejabat Utama, para Ibu Pangkotama, Komisaris dan Direktur PT. Karimun Anugrah Sejati Franky Sucipto dan Jaki Sucipto.


Sebagai informasi bahwa penamaan Karotang adalah jenis ikan kerapu, besar di wilayah Tanjung Balai Asaha, ikan ini sangat jarang ditemui karena hidup di perairandalam, sedangkan Mata Bongsan merupakan jenis ikan yang hidup pada kedalaman 90-200 meter di Papua, warnanya hitam, matanya besar seperti lampu senter serta memiliki tenaga yang kuat. (r/Adi) 



Share on Social Media