Natuna

KRI Bungtomo 357 Berhasil Tangkap 2 KIA Vietnam

Juliadi | Jumat 14 Aug 2020 19:36 WIB | 3335

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM NATUNA - KRI Bung Tomo 357 berhasil menangkap 2 unit Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam, saat sedang melakukan aktifitas penangkapan cumi-cumi diwilayah Landas Kontinen perairan Indonesia pada Rabu dini hari (14/8/2020).


Kedua KIA tersebut, berhasil diamankan KRI Bung Tomo tanpa ada perlawanan,  namun mereka sempat melarikan diri dengan cara berpencar dan dengan sengaja mematikan lampu kapal.


“Sebetulnya ada 6 unit KIA yang terdeteksi radar KRI Bung Tomo-357, namun ketika akan dilakukan penangkapan mereka langsung berpencar dengan cara mematikan lampu kapal,”ungkap Komandan KRI Bung Tomo Kolonel Laut (P) Hendro Sugiharto kepada sejumlah media.


Berdasarkan kronologis kejadian, Dan KRI Bung Tomo menjelaskan pada saat proses penangakapan dini hari sekitar pukul 03.00 Wib, KRI Bungtomo sempat mendapatkan intimidasi dari Coast Guard Vietnam, mereka meminta untuk segera melepaskan kedua KIA yang telah berhasil diamankan, namun kita tetap membawa kedua KIA tersebut untuk diproses hukum”, jelasnya.


Komandan Lanal (Danlanal) Ranai Kolonel Laut (P) Dofir menjelaskan Kedua KIA ini akan diproses serahterima dari KRI Bung Tomo ke Lanal Ranai dan selanjutnya akan ditindaklanjuti berkas prkaranya hingga dipengadilan nanti”, jelasnya. 


"Kedua KIA tersebut, akan diamankan di Pelabuhan Posal Sabang Mawang Kecamatan Pulau 3, Natuna. Sementara Nahkoda dan12 orang  ABK diamankan untuk proses selanjutnya ke Lanal Ranai,  tentunya semua porses tersebut mengutamakan Protokol Kesehatan “, pungkasnya. (r/Adi) 



Share on Social Media