Batam, News, Kepri

Peringati Hari Veteran Nasional, Ketua LVRI Batam: Generasi Muda Jangan Lupakan Sejarah

Egi | Senin 10 Aug 2020 22:39 WIB | 1269



Ketua LVRI Batam Puteri Kaligis didampingi oleh Ketua PPM Kepri Pantas Opan Napitupulu dan AKP Z A C Tamba (foto:egi)



MATAKEPRI.COM BATAM -- Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Batam bersama dengan Pemuda Panca Marga (PPM) Kepri, melaksanakan kegiatan peringatan Hari Veteran Nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus.


Peringatan Hari Veteran Nasional dilaksanakan secara sederhana di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pusara Bhakti Bulan Gebang, Kota Batam, yang diawali dengan pelaksanakan upacara.


Upacara dipimpin langsung oleh Ketua LVRI Kota Batam Puteri Kaligis yang mengatakan Hari Veteran Nasional ditetapkan langsung oleh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno.


Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk mengingat jasa-jasa dan pengorbanan para Veteran Republik Indonesia serta untuk mengenang peristiwa gencatan senjata yang dilakukan bersama Belanda melalui perjanjian Roem Van Royen.


"Peringatan Hari Veteran Nasional dimaksudkan untuk mengenang gencatan senjata pada tanggal 10 Agustus 1949, setelah para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia melawan Tentara Belanda. Hari Veteran Nasional ini pertama kali digagas oleh yang mulia Presiden RI yang pertama, Ir. Soekarno," kata Puteri Kaligis yang akrab disapa Bunda pada Senin (10/8/2020).


Dikatakannya, LVRI bersama pemerintah dan masyarakat bertekad melanjutkan pewarisan JSN 45 untuk mensukseskan pembangunan nasional di bidang sumber daya manusia.


Bunda juga mengingatkan kepada generasi muda, agar jangan melupakan sejarah. Isilah kemerdekaan ini dengan prestasi-prestasi yang membanggakan, sehingga apa yang telah dikorbankan dan yang menjadi cita-cita para pejuang kemerdekaan tidak sia-sia.


"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya," ungkapnya.


Ditempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana, AKP Z A C Tamba yang saat ini bertugas di Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kepri mengatakan, saat ini pihaknya dari Pasukan Perdamaian Polda Kepri (Peacekeeper) bersama dengan TNI telah resmi menjadi bagian dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Batam.


Artinya, pihaknya bersama-sama dengan LVRI dan PPM akan terus mengawal generasi penerus bangsa, dalam mengisi kemerdekaan demi mewujudkan cita-cita mulia dari para pejuang kemerdekaan baik yang telah gugur maupun yang masih ada sampai sekarang.


"Melalui kegiatan ini akan menambah semangat kita untuk mengingat jasa-jasa para pahlawan kita baik yang sudah gugur maupun yang masih ada sampai sekarang. Kami akan terus mengawalnya," ujar Tamba.


Sementara itu, Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Provinsi Kepulauan Riau, Pantas Opan Napitupulu mengucapkan terima kasih kepada Pasukan Perdamaian Polda Kepri (Peacekeeper) yang saat ini telah menjadi bagian dari LVRI.


Dijelaskannya, LVRI terdiri dari Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia dan Veteran Pembela Kemerdekaan Republik Indonesia. 


"Saat ini Veteran Perdamain Republik Indonesia telah resmi menjadi bagian dari LVRI. Salut dan apresiasi yang setinggi-tingginya dari kami putra-putri pejuang kemerdekaan Republik Indonesia," tutupnya.


Setelah pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan pelaksanaan tabur bunga di makam para pahlawan kemerdekaan, (egi)




Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait