Batam

Pemko Batam Serahkan Seragam Gratis untuk 12.467 Siswa SD

Juliadi | Senin 10 Aug 2020 13:01 WIB | 1970

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah



MATAKEPRI.COM BATAM -- Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyerahkan seragam gratis untuk 12.467 peserta didik baru tingkat SD se-Kota Batam. Adapun penyerahan seragam merah putih tersebut, dilakukan bertahap per kecamatan.


Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, ide pemberian seragam gratis tersebut tercetus setelah Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, tak ingin membebani wali murid yang terdampak Covid-19. Untuk sumber dana, seragam gratis itu berasal dari tanggungjawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/ CSR) dari Bank Riau Kepri.


"Semoga ini bisa meringankan beban masyarakat. Kita tahu, saat ini sektor ekonomi sangat terdampak akibat Covid-19, dan Pak Wali tak ingin warga bertambah beban jika harus membeli seragam untuk anak-anak," ujar Amsakar usai menyerahkan secara simbolis seragam gratis se-Kecamatan Batuampar di SD 004 Batam, Tanjungsengkuang, Senin (10/8/2020). Usai menyerahkan di Kecamatan Batuampar, Amsakar, mewakili Rudi, juga menyerahkan seragam gratis di Kecamatan Bengkong.


Ia mengatakan, pembagian seragam gratis tersebut merupakan bentuk perhatian dan komitmen dari pemerintah membantu warga yang terdampak Covid-19 di Batam. Ia berharap dengan adanya seragam baru ini, dapat memacu semangat anak didik untuk belajar lebih giat.


"Anak didik ini harus kita perhatikan, kita didik, kita bentuk karakter mereka sejak dini, karena di tangan merekalah Batam ini dititipkan ke depannya," ujar Amsakar.


Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Hendri Arulan menyampaikan, kebijakan pemberian seragam bersumber dana CSR tersebut merupakan kebijakan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam. Bahkan, sebelum adanya bantuan seragam gratis tersebut, Pemko Batam tidak mewajibkan para siswa baru memiliki seragam.


"Jadi ini seragam disiapkan gratis dan sudah kita bagikan saat ini," ujarnya saat menyampaikan laporan di SD 004 Batam.


Sesuai data, untuk se-Kota Batam, total seragam yang dibagikan sebanyak 12.467. Seragam itu khusus anak didik baru tingkat SD yang tersebar di 12 kecamatan. Untuk Batuampar, dari empat sekolah yang ada, sebanyak 612 seragam. Kemudian Bengkong, dari 12 sekolah, sebanyak 1.203 seragam.


Selain itu, untuk Kecamatan Nongsa, dari 12 SD, seragam yang dibagikan sebanyak 1.151. Seterusnya, Batamkota sebanyak 1.641 seragam yang akan dibagikan di 12 sekolah yang ada. Berpindah ke Lubukbaja, sebanyak 657 siswa yang tersebar di sembilan SD akan menerima seragam gratis.


Kecamatan lainnya yang merima seragam gratis; Sekupang sebanyak 1.837 seragam, Batuajo 1.201 seragam, Sagulung sebanyak 2.302, Seibeduk 928 seragam, Belakangpadang 313 seragam, Bulang sebanyak 225, dan Galang sebanyak 397 seragam.


Pemberian seragam gratis itu mendapat apresiasi dari orang tua siswa di Kecamatan Batuampar, Hepy Ferenika. Ia menyampaikan, pemberian seragam tersebut sangat membantu warga yang kini berada di masa serba sulit. Ia menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, ia berharap program-program pemerintah pro warga akan terus terlaksana.


"Alhamdulillah, ini saat bermanfaat bagi kami dan berkah bagi kita semua," kata dia.


Hal senada, perwakilan orang tua siswa di Bengkong, Mesrawati Tampubolon menyampaikan, bantuan tersebut sangat membantu warga yang sangat terdampak akibat Covid-19. "Mewakili dari seluruh orang tua siswa SD Bengkong, kami mengucapkan ribuan terima kasih, semoga bermanfaat bagi kami," ujarnya. (r/Adi) 



Share on Social Media