Batam

Bambang Adi Saputra Pimpin Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Batuaji

Juliadi | Sabtu 08 Aug 2020 15:21 WIB | 2247

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah



MATAKEPRI.COM BATAM -- Pelantikan Pergantian Antar Waktu (PAW) Pengurus Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Batuaji masa bhakti 2016-2020 digelar di halaman Kantor Camat Batuaji, Sabtu (8/8/2020).


Ketua Harian Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam Jefridin Hamid hadir melantik pengurus baru Kwarran Kecamatan Batuaji yang kini diketuai Bambang Adi Saputra tersebut.


Prosesi pelantikan, di antaranya ditandai dengan tanya jawab pelantik dengan pengurus perihal kesiapan melaksanakan amanah Undang-undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga  (ADART) Gerakan Pramuka.


Selanjutnya,  pengurus mengikrarkan Janji Trisatya. Yang isinya, pertama, menjalankan kewajiban terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan pancasila. Kedua, menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat. Lalu yang ketiga, menepati Dasa dharma.


Jefridin menyampaikan, Pramuka merupakan salah satu organisasi kepanduan yang terus hadir ikut membangun negeri. Di Batam, khususnya, ranting Batuaji, ia berharap peran ini dapat terus dilakukan. Hal ini sejalan dengan janji Trisatya yang telah diikrarkan.


"Pramuka dengan hati yang ikhlas harus hadir di tengah masyarakat," ucap Jefridin yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam tersebut.


Salah satu peran yang bisa dilakukan Pramuka saat ini yakni ikut aktif mensosialisasikan pentingnya penerapan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Antara lain, memakai masker secara teratur, menjaga jarak, menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Serta yang tidak kalah penting yakni menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga.


"Kwarcab Batam kini intens memadukan kesehatan dan olahraga ini. Ayo biasakan diri berolahraga agar imun kita tetap terjaga," ajaknya.


Terkait ini, Jefridin bahkan mencontohkan dalam tindakan nyata. Sebelumnya, menuju lokasi pelantikan, usai Salat Subuh  ia bersama rombongan Kwarcab  Batam bersepeda mulai dari Tiban, Sekupang lalu ke arah salah satu ikon Batam Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah kemudian ke lokasi pelantikan.


Sembari bersepeda, rombongan melakukan hal sederhana namun sangat penting. Seperti memungut sampah yang berserakan untuk dimasukan dalam tong sampah. Bersepeda ke lokasi acara juga dilakoni Jefridin saat pelantikan Kwarran kecamatan-kecamatan lain. Olahraga tersebut juga dilakukan rutin pada Hari Sabtu atau Minggu. Pelaksanaannya tentu menyesuaikan dengan agendanya sebagai Sekda Kota Batam.


"Sampai sekarang belum ada vaksin untuk melawan Covid-19 ini. Tak ada cara lain, putus mata rantai penyebarannya. Mari terapkan protokol kesehatan," imbuhnya.


Usai pelantikan, Jefridin bersama rombongan bersepeda menuju kegiatan gotong royong masyarakat di Kelurahan Buliang, Batuaji. Yakni pembangunan jalan menuju SDN 008 Batuaji di sekitar Perumahan Puri Buana Tahap 2, Kelurahan  Buliang, Batuaji. (r/Adi) 



Share on Social Media