Batam

Tekan Penyebaran Covid-19, Peran Pemuka Agama Sangat Penting

Juliadi | Rabu 29 Jul 2020 19:25 WIB | 2330

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah



MATAKEPRI.COM BATAM - Silaturahmi Walikota dan Wakil Walikota Bersama Ikatan Pendeta Menetap Batam (IPMB) digelar di  Panggung Utama Engku Putri Batam, Rabu (29/7/2020) siang.


Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyampaikan peran pemuka agama sangat penting dalam upaya menekan penyebaran Covid-19. Bukan tanpa alasan, pemuka agama selalu dekat dengan masyarakat.


"Sebelumnya saya sudah bertemu dengan RTRW, kader posyandu hingga ustaz-ustaz dan guru ngaji. Kali ini bersilaturahmi dengan bapak ibu pendeta, tujuan utama silaturahmi ini yakni bagaimana Covid-19 di Batam ini selesai, " kata Rudi pada acara yang juga dihadiri Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad tersebut.


Ia mengakui penanganan Covid-19  tidak lepas dari peran serta pemuka agama dengan ikut mengimbau penerapan protokol kesehatan. Untuk itu, ia berharap imbauan dapat terus dilakukan hingga Batam bebas Covid-19.


"Maka saya harap kita jangan lengah. Covid ini masih ada, belum selesai. Saya titip saat berkhotbah sampaikan kepada umat pentingnya melaksanakan protokol kesehatan," ujarnya.


Sempat dibatasi untuk sementara waktu, kini ibadah bersama telah diperbolehkan dengan syarat menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, rajin cuci tangan, menggunakan handsanitazer, menjaga jarak satu sama lain hingga menjaga kebersihan diri dan lingkungan.


"Mari bersama terapkan ini, sampaikan ke jamaat ini demi kebaikan kita bersama," imbuhnya.


Ketua Ikatan Pendeta Menetap Batam (IPMB), Pendeta Fresly Sihombing mengajak para pendeta berdoa agar Covid-19 segera berlalu. Pada kesempatan tersebut, para pendeta mengapresiasi upaya dan capaian terkait penanganan Covid-19 di Batam.


"Di tengah pandemi ini, kita berterima kasih banyak pak walikota dan wakil  walikota yang tetap semangat memberikan edukasi ke masyarakat. Mereka selalu tampil hadir agar masyarakat bersatu menjalankan protokol kesehatan," papar dia.


Tidak hanya itu, sembako bagi para pendeta juga diperhatikan oleh Pemko Batam. Hal lain seperti handsanitazer hingga masker sebagai upaya pencegahan Covid-19. "Kami sampaikan ucapan terimakasih banyak. Semoga tuhan selalu menyertai dan kiranya tetap diberi kesehatan," ujarnya.


Kepala Badan Koordinasi Antar Gereja (BKAG) Kota Batam Pdt Surya Wijaya menyampaikan apa yang dilakukan Pemko Batam susah cukup memuaskan. Menurut dia, angka kematian karena Covid-19 di Batam sangat rendah.


"Saya juga orang kesehatan, mungkin penanganan ini yang terbaik dibanding daerah lain Indonesia. Tentu ini tak lepas hasil kerja keras pak wali dan jajarannya," pungkas dia. (r/Adi) 



Share on Social Media