Batam, News, Kepri

Bantu Ketersediaan Stok Darah di PMI, KNPI Batam Gelar Aksi Donor Darah di HUT Ke-47

Egi | Sabtu 25 Jul 2020 16:21 WIB | 834

KONI
PMI


Peserta donor darah di Masjid Indah Sukajadi Batam (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Batam bekerjasama dengan KONI Kepri gelar kegiatan bakti sosial berupa donor darah di Masjid Indah Sukajadi Batam.


Aksi donor darah kali ini mengambil tema Setetes Harapan, Bersama Kita Kuat yang diikuti oleh berbagai Organisasi Kepemudaan (OKP) diantaranya, Bikers Subuhan, Club Otomotif, PASKAS, Komunitas Gowes, Cabor dan para Atlet. 


Ketua DPD KNPI Kota Batam, Muhammad Teddy Nuh mengatakan kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (Hut) KNPI yang ke 47.


"Dalam rangka memperingati Hut KNPI ke 47, kita gelar aksi donor darah ini, karena dilatarbelakangi oleh rasa keprihatinan kita melihat kondisi stok darah yang ada di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Batam yang sering mengalami kekosongan," ujar Teddy pada Sabtu (25/7/2020) siang.


Apalagi seperti yang kita ketahui bersama, dimasa pandemi virus corona (Covid-19) yang sedang melanda negara dan juga hampir diseluruh dunia, mengakibatkan masyarakat lebih memilih untuk melakukan segala aktifitasnya dari rumah.




"Ada kekhawatiran virus corona bisa menyebar melalui transfusi darah. Akibatnya orang-orang enggan untuk mendonorkan darahnya di PMI. Ditambah lagi sejak diberlakukannya social distanching oleh pemerintah, sebagai cara efektif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," ungkap Teddy.


Maka dari itu, sejak dimulainya kembali tatanan kehidupan baru (New Normal) oleh pemerintah, pihaknya mengajak kepada masyarakat khususnya para pemuda yang ada di Kota Batam untuk bersama-sama mendonorkan darahnya, karena persediaan stok darah di PMI Batam semakin menipis bahkan kosong.


"Karena setetes darah yang kamu donorkan, dapat menyelamatkan nyawa orang lain yang sangat membutuhkan," bebernya.


Dilokasi yang sama Ketua KONI Kepri, Usep RS, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KNPI Kota Batam atas inisiatifnya melaksanakan aksi donor darah ini.


"Salut dan apresiasi buat pak Teddy (Ketua KNPI Batam) yang telah melakukan aksi donor darah ini," ungkap Usep.


Dikatakannya, KONI Kepri sangat mendukung sekali segala kegiatan-kegiatan positif. Apalagi sejak beberapa bulan yang lalu, orang-orang banyak melakukan segala aktifitasnya dari rumah karena takut tertular Covid-19.


"Ini saat yang paling tepat untuk masyarakat mendonorkan darahnya. Ayo, mari kita donorkan darah kita. Selain menyehatkan untuk tubuh kita, setetes darah kita bisa menyelamatkan nyawa orang lain,"tutupnya (egi)