Batam

RSBP Batam Telah Miliki Bank Darah dan Alat Crossmat

Juliadi | Rabu 22 Jul 2020 15:10 WIB | 2361

BP Batam


Suasana donor darah di RSBP Batam, Rabu (22/7/2020. Foto : Adi


MATAKEPRI.COM BATAM --  Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam secara resmi membuka pelayanan bank, karena telah memiliki Bank darah dan alat Crossmat. 


Hal tersebut disampaikan oleh Plt Direktur RSBP Batam dr. Afdalun Hakim, di ruang pertemuan Lantai 4 Gedung B Rumah Sakit BP Batam Jalan RE Marthadinata Sekupang, Batam, Rabu (22/7/2020).


Dikatakannya, pihaknya sudah lama menunggu adanya Bank darah dan alat Crossmat di RSBP Batam.


"Bank Darah itu dibuka lantaran posisi RSBP Batam sangat jauh dari kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Batam yang berada di Batam Centre dan juga sangat membantu pasien," ujar Afdhalun.


Menurutnya, sebelum adanya Bank darah ini, pihak RSBP Batam atau keluarga pasien harus mengambilnya ke PMI Batam di batam Centre dan memerlukan waktu beberapa jam dan adanya Bank darah maka RSBP Batam telah mempuyai persediaan atau stock darah. 


“Alhamdullilah Bank darah ini sudah menyimpan 100 bag kantong darah dan kita punya keunggulan kita punya Crossmat,” kata Afdalun.


Dijelaskan Afdalun, Crossmat  merupakan alat sebelum orang itu di transpusi darah dan disilangkan karena bisa berbahaya dengan pasienya bila asal masukkan darah.


"Jadi tidak boleh sembarangan darah dimasukan harus ditest terlebih dahulu sebab dikwatirkan saat darah dimasukkan dikwatirkan tidak bisa bereaksi," tutup Afdalun. (Adi) 



Share on Social Media