News, Kepri

Sekda Kota Batam Pastikan Pelaksanaan MTQ Ke-30 Sesuai Rencana

Egi | Jumat 17 Jul 2020 14:58 WIB | 1416

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah


Sekda Kota Batam saat melaksanakan rapat (foto:ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, memastikan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-30 tingkat Kota Batam dilaksanakan sesuai rencana pada 24 sampai 29 Agustus 2020.


Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-30 tingkat Kota Batam dilaksanakan sesuai rencana pada 24 sampai 29 Agustus 2020. Hal ini sudah dipastikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid.


Jefridin mengatakan saat rapat persiapan pelaksanaan MTQ tingkat kota Batam untuk lokasi, di pusatkan di Dataran Engku Putri Batam Center. 


"Ini perlu persiapan matang, karena pelaksanaan dilaksanakan disaat Batam sedang beradaptasi dengan kehidupan normal baru di tengah pandemi Covid-19," ujar Jefridin saat rapat di Ruang Hang Nadim, Kator Wali Kota Batam pada Jum'at (17/7/2020).


Ia menegaskan, dalam pelaksanaannya nanti, mempertimbangkan protokol kesehatan bagi peserta maupun tamu yang menyaksikan. Ia meminta, panitia memastikan penggunaan masker hingga pengaturan jarak terutama kursi tamu.


"Jangan sampai ada kerumunan, kita buat semeriah mungkin namun tetap patuh protokol kesehatan," ungkapnya.


Secara teknis, Sekda menjelaskan, untuk MTQ kali ini mengusung tema "Dengan MTQ XXX Tingkat Kota Batam Tahun 2020, Kita Tingkatkan Silaturahmi dan Raih Prestasi yang Gemilang Menuju Ihsan Qurani". Untuk cabang yang dilombakan, tahun ini ada 10 cabang.


Yang pertama, Cabang Seni Al-Qur'an dengan lima kategori, golongan tartil putra dan putri, golongan tilawah anak-anak putra dan putri, golongan remaja putra dan putri, golongan tilawah cacat netra putra dan putri, dan golongan tilawah dewasa putra dan putri.


"Kemudian, cabang selanjutnya, Qira'at Al-Qur'an hanya untuk golongan mujawwad dewasa putra dan putri," kata Sekda.


Cabang lainnya, lanjut Jefridin, cabang hafalan Al-Quran. Untuk cabang ini, ada lima kategori golongan 1 juz tilawah putra dan putri, golongan 5 juz tilawah putra dan putri, golongan 10 juz tilawah putra dan putri, golongan 20 juz putra dan putri, serta golongan 30 juz putra dan putri. 


Kemudian cabang Tafsir Al-Quran terdiri dari tiga kategori; golongan bahasa arab putra putri, golongan bahasa indonesia putra dan putri, golongan bahasa inggris putra dan putri.


"Untuk cabang lain yakni Syarh Al-Qur'an, cabang Fahm Al-Qur'an putra dan putri," imbuhnya.


Cabang yang diperlombakan lainnya yaitu seni kaligrafi Al-Qur'an dengan empat kategori. Pertama, golongan naskah putra dan putri, golongan hiasan mushaf putra dan putri, golongan dekorasi putra dan putri, golongan kontemporer putra dan putri.


"Tiga cabang lainnya yang diperlombakan, MMQ putra dan putri, lomba stan bazar, dan lomba qasidah rebana," bebernya.


Sekda mengatakan, untuk tahap awal, pihaknya membuka pendaftaran pada 20 Juli sampai 3 Agustus. Setelah itu, akan dilakukan verifikasi pada 4-8 Agustus, dan masa sanggah 10-11 Agustus. 


Ia berharap, semua peserta yang menang nantinya benar-benar memiliki potensi yang bagus. Pasalnya, pemenang menjadi perwakilan Batam di tingkat Provinsi.


"Untuk MTQ tingkat Provinsi dilaksanakan 19 sampai 24 September 2020 di Tanjungpinang," tutupnya, (egi)



Share on Social Media