Batam

Danrem 033 Dampingi Menkopolhukam dan Rombongan Tinjau RSIK Covid-19 Pulau Galang Batam

Juliadi | Jumat 05 Jun 2020 08:20 WIB | 3222

Covid-19
Menteri/Wamen
TNI/Polri


Istimewah


MATAKEPRI.COM BATAM -- Menteri Koodinator Bidang Politik, Hukum dan keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. H.M Muhammad Tito Karnavian., Ph.D meninjau Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Covid-19 di Pulau Galang Batam, Kepulauan Riau, Kamis (4/6/2020).


Pelaksanaan kunjungan kerja tersebut dilakukan selepas keduanya meninjau langsung pembangunan di Kabupaten Anambas.


Menko Polhukam Mahfud MD., mengatakan, pembangunan kembali RS Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang Batam memperlihatkan komitmen Pemerintah dalam penanganan Covid-19.


“RS Pulau Galang ini bagi saya mengingatkan akan 2 hal. Pertama, mengingatkan ini tidak main-main dalam menghadapi Covid-19, kita tidak main-main, karena sejak awal kita bersama anggota kabinet ini bersama Pak Tito pada akhir Januari sudah berbicara mengenai Rumah Sakit khusus ini,” kata Mahfud MD.


Dia mengatakan, RSKI yang telah beroperasi sejak April 2020 tersebut, sejatinya juga telah dipersiapkan sejak awal Februari 2020. Bahkan, rapat kabinet telah membahas Covid-19 sejak awal tahun.


Dia menyampaikan terkait perkembangan penanganan Covid-19 di RS tersebut. Hingga saat ini, sejumlah pasien yang dirawat di RS Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang Batam tercatat mengalami kesembuhan 100 persen.


“Yang kedua, 100 persen pasien di sini sembuh, belum ada yang meninggal, apa kuncinya? salah satunya orang sakit itu jangan dibuat stres, pikirannya dibuat tenang, disuruh bergembira, sembuh, ketika dia ketakutan dan stress, imunitasnya turun, di situlah virus itu bekerja. Oleh sebab itu, yang diterapkan di Pulau Galang ini membuat yang sakit bergembira,” jelasnya.


RS Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang Batam, Kepulauan Riau dibangun berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 52 Tahun 2020 tentang Pembangunan Fasilitas Observasi dan Penampungan dalam Penanggulangan Covid-19 atau Penyakit Infeksi Emerging di Pulau Galang. Hadirnya Perpres ini menandakan keseriusan Pemerintah dalam melakukan penanganan Covid-19.


Sementara yang menyambut rombongan Menkopolhukam dan rombongan diantaranya, Plt Gubernur Kepri Isdianto, Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Walikota Batam M Rudi, Danguskamla Armada 1 Laksma TNI Yayan Sofian, Danrem 033/WP Kolonel Inf Harnoto, Danlanal Batam Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, Danlanud Hang Nadim Letkol Pnb Urip Widodo, Dandim 0316 Batam Letkol Inf Ahmad Daud Harahap, serta Dandenpom 1/6 Batam Mayor Cpm Joao Dacosta. (Ril/Adi) 



Share on Social Media