Batam, News, Kepri

Kembali Dari Setukpa Lemdiklat Polri, Tiga Personel Lakukan Perawatan di RS Covid-19 Galang

Egi | Jumat 17 Apr 2020 17:13 WIB | 1799

Polda Kepri
Covid-19


Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt (ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Bidang Dokter dan Kesehatan Polda Kepri telah melakukan langkah dan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan pemeriksaan sample SWAB terhadap personel Polda Kepri yang kembali dari Setukpa Lemdiklat Polri.


Kabid Dokkes Polda Kepri mengatakan melalui Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan, bahwa 23 personel yang menjalani Pendidikan SIP di Sukabumi, Jawa Barat, 10 diantaranya di Sukabumi dinyatakan positif terjangkit Covid-19.


"Sebanyak 23 personel ikuti pendidikan SIP. Menjalani karantina sebanyak 10 orang di Sukabumi dikarenakan hasil Rapid Test nya positif, sisa 13 orang dikembalikan ke Polda Kepri karena hasil Rapid Test nya di Sukabumi negatif," kata Kabod Humas Polda Kepri.


Lanjutnya, berdasarkan perintah Bapak Kapolda Kepri setelah para personel Polri tersebut sampai di Polda Kepri, kembali dilakukan pemeriksaan Rapid Test.


"Setelah sampai di Kepri, 13 personel tersebut menjalani pemeriksaan Rapid Test, pemeriksaan Laboratorium darah, pemeriksaan radiologi dan pemeriksaan fisik di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kepri pada tanggal 30 Maret 2020 saat rombongan datang," ungkapnya.


Dari hasil pemeriksaan terdapat 6 orang dengan hasil Rapid Test Positif dan 7 orang dengan hasil negatif, kemudian ke 13 orang tersebut atas kemauan sendiri dilakukan Karantina di RS. Bhayangkara Polda Kepri.


"6 orang yang hasil Rapid Test nya Positif dilakukan pengulangan pemeriksaan pada tanggal 10 April 2020 dan dari hasil pemeriksaan terdapat 4 orang dengan hasil positif selanjutnya dilakukan koordinasi dengan BPKL, dari hasil pemeriksaan Swab pada tanggal 16 April 2020 dinyatakan bahwa 2 orang negatif, 3 orang positif Covid-19 dan 1 orang masih menunggu hasil test (on proses)," bebernya.


Dapat disimpulkan bahwa 3 orang Personel Polri yang positif Covid -19 tersebut terinfeksi saat berada di Lemdiklat Polri, Sukabumi sebelum sampai di Polda Kepri dan selama ini 3 orang tersebut tidak tampak ada gejala, kondisi fisiknya baik dan bagus namun hasil Swab nya menyatakan Positif Covid – 19.


"Saat ini ke 3 orang tersebut telah dirujuk dan dilakukan perawatan di ruang Isolasi Rumah Sakit Rujukan Galang untuk penanganan medis lebih lanjut," imbuhnya.


Langkah yang telah dilakukan oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, melalui Kabid Dokkes Polda Kepri merupakan cara pimpinan Polri Polda Kepri dalam melindungi anggota,, keluarga dan masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, (egi)




Share on Social Media