Batam

Belasan Relawan Siap Hidangkan Makanan Siap Santap di Pulau Galang

Juliadi | Rabu 15 Apr 2020 11:01 WIB | 1329

Covid-19
Corona



MATAKEPRI.COM BATAM -- Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk memutuskan penyebaran Virus Corona (Covid-19),  dukungan Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus berlanjut dan dukungan pangan kali ini dari Humanity Food Truck (HFT) 


HFT  menyajikan makanan siap santap bagi tenaga medis, petugas keamanan, dan pasien Covid-19 di Pulau Galang, Kota Batam, Kepri. 


Di pulau yang pernah menjadi tempat mengungsi penduduk Vietnam ini, disediakan berbagai fasilitas pendukung medis. Harapannya, dengan adanya rumah sakit covid-19 di Pulau Galang semakin mempercapat penanganan wabah corona.


Hal tersebut disampaikan oleh Joni Kusumahadi, Koordinator Koki HFT, Rabu (15/4/2020). 


Menu Joni ACT sendiri mendukung langkah yang diambil pemerintah untuk mendirikan rumah sakit covid-19 di Pulau Galang dan dukungan ini berbentuk pengerahan dua armada ACT dari Jakarta. Antara lain satu unit kendaraan dobel kabin beserta HFT dan belasan relawan koki pun turut diberangkatkan ke Pulau Galang pada Senin (13/4/2020) kemarin.


Joni mengatakan, bahwa truk berdapur itu dibekali juga dengan tim relawan koki yang siap menyediakan makanan siap santap bagi petugas medis, pasien, hingga masyarakat di Pulau Galang. 


Joni menuturkan, dua orang koki berangkat dari Jakarta bersama dua pengemudi armada HFT. Sedangkan akan ada tambahan tim koki yang didatangkan dari Batam untuk ke Pulau Galang sebanyak 11 orang. 


“Total ada 15 relawan yang siap memberikan pelayanan makan gratis di Humanity Food Truck,” jelas Joni. 


Joni menjelaskan, tim relawan koki yang ditugaskan ke Pulau Galang nantinya setiap hari akan menyediakan seribu porsi makanan siap santap untuk petugas medis, pesien hingga penduduk Pulau Galang. 


Joni menyampaikan, bahwa target layanan HFT akan dimulai, Sabtu (18/4/2020). Untuk saat ini truk masih dalam perjalanan dari Humanity Distribution Center, Gunung Sindur, Bogor menuju Pulau Galang via Jambi.


Joni mengungkapkan, terkait menu yang disajikan, tim koki ACT akan mengikuti rekomendasi dari ahli gizi di Rumah Sakit Covid-19 Pulau Galang. Karena makanan yang dikonsumsi bisa berpengaruh pada proses penyembuhan pasien yang sedang dalam pemantauan. 


Hal ini serupa yang dilakukan saat ACT menyajikan makanan siap santap bagi petugas medis dan pasien di Rumah Sakit Covid-19 Wisma Atlet, Jakarta.


Joni melanjutkan, bahwa dukungan kebutuhan pangan selama pandemi corona ini memang menjadi salah satu fokus ACT di samping aksi sosialisasi medis. Armada pangan serta berkolaborasi dengan berbagai berbagai pihak dilakukan demi memenuhi kebutuhan pangan masyarakat yang perekonomiannya melemah sejak wabah.


Direktur Program ACT Bambang Triyono mengatakan, pemenuhan pangan ke masyarakat ini akan terus berlangsung dan meluas. Yang terbaru adalah aktivasi ribuan warteg untuk menyediakan makanan siap santap serta pemberangkatan HFT ke Pulau Galang," jelas Bambang. 


“Di sana (Pulau Galang), ACT akan hadir selama 14 hari. Selain penyediaan makanan, juga kami telah menyiagakan relawan jika masyarakat membutuhkan bantuan penyemprotan disinfektan di lingkungan tempat tinggal,” tutup Bambang. (Adi)