Batam, News, Ekonomi

Mempermudah Masyarakat Belanja Pemko Batam Keluarkan Aplikasi Pasar Mama

Juliadi | Selasa 14 Apr 2020 12:37 WIB | 1615

Covid-19
Pasar
Perekonomian
Corona


Salah satu pasar di Kota Batam (Foto : Istimewah)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) Pemerintah Kota (Pemko) Batam membuka layanan belanja kebutuhan pokok yang dapat dilakukan secara online oleh masyarakat selama masa  Covid-19.


Pemko Batam menciptakan aplikasi yang diberi nama "Pasar Mama".


Untuk mendaftar aplikasi ini lewat Android konsumen akan diminta untuk membuat akun terlebih dulu dengan mengisi data lengkap berupa email, alamat pengantaran dan nomor Whatsapp.


Kemudian pembeli bisa login dan mulai berbelanja. Pilih barang yang mau dibeli, tentukan jumlahnya sesuai satuan yang tersedia, selanjutnya masukkan ke keranjang.


Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kota Batam Gustian Riau, Selasa (14/4/2020).


Gusti mengatakan, bahwa untuk nilai belanja minimal Rp. 20.000 untuk satu kali pemesanan. Sedangkan untuk pembayaran bisa melalui debit, kartu kredit maupun Gopay.


"Untuk pengantaran kita bekerja sama dengan Gojek,” kata Gustian.


Gustian menjelaskan untuk jadwal ada tiga sesi yakni, sesi pertama pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB diantar pukul 09.01 WIB sampai 11.00 WIB atau lebih cepat.


Sesi kedua pukul 09.01 WIB sampai 12.00 WIB diantar pukul 11.01 WIB sampai 13.00 WIB, dan sesi ketiga pukul 12.01 WIB sampai 06.00.hari berikutnya diantar pukul 07.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB.


Menurut Gustian, pengantaran orderan dibuka 24 jam dari senin sampai Minggu atau setiap hari.


Cara pengantaran order dibuka setiap hari Senin sampai Minggu mulai pukul 06.00 sampai 24.00.


"Adapun masa tunggu verifikasi pembayaran terhadap order yang sudah dipesan selama 15 menit, dan terbatalkan secara otomatis dari sistem bila tidak melakukan pembayaran serta disarankan melakukan order ulang,” ungkap Gustian.


Lebih lanjut dijelaskan Gustian, para konsumen juga dapat memantau belanjaannya mulai dari pemesanan barang, status pembayaran, dan sampai status pengiriman melalui notifikasi email atau Whatsapp.


Gustian menuturkan, bahwa harga sewaktu-waktu dapat berubah mengikuti harga pasaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan "Pasar Mama" buah kerjasama antara distributor, perusahaan aplikasi ojek Online dan Pasar Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam ini akan diluncurkan secara resmi Kamis (16/4/2020) mendatang. (Adi)