Batam, News, Kepri

Tangani Dampak Covid-19, Pemuda Katolik Kepri Gelorakan Gerakan Angkat 1 Saudara

Egi | Jumat 10 Apr 2020 14:43 WIB | 1859

Sembako


Organisasi Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kepri saat serahkan sembako kepada warga (ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Organisasi Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Kepulauan Riau menggelorakan semangat gotong-royong saling membantu warga yang terdampak langsung oleh wabah Virus Corona (Covid-19).


Johannes SM, Sitohang, Ketua Pemuda Katolik Komda Kepri mengatakan, searah dengan garis komando dari Ketua Pengurus Pusat Pemuda Katolik Dr. Karolin Margret Natasa, seluruh kader Pemuda Katolik yang ada di berbagai daerah ditanah air menggerakkan Gerakan Nasional Angkat 1 Saudara.


"Gerakan ini adalah upaya gotong-royong untuk membantu kebutuhan pokok warga yang terdampak langsung oleh masa Pandemic Covid-19," kata Johannes SM, Sitohang, pada Jum'at (10/4/2020).


Lanjutnya, banyak perkantoran bahkan tenan-tenan diberbagai pusat perbelanjaan yang tutup, kegiatan belajar di rumah untuk anak sekolah, banyak pekerja harian, buruh, pedagang keliling, driver ojek online atau ojek pangkalan, tukang bangunan, dan lain-lain yang kehilangan pekerjaan dan pendapatan baik sementara maupun permanen.


"Dengan keadaan seperti ini membuat hati kita tergerak untuk mengupayakan membantu meringankan kebutuhan pokok mereka, tanpa memandang unsur suku, agama dan ras," ungkapnya.


Cosmas Eko Ketua Bidang Sosial Tanggap Darurat dan Bencana Pemuda Katolik Kepri menambahkan, walau baru memasuki hari ke tiga, namun sudah banyak warga yang sudah terbantu dalam aksi pendistribusian bantuan kebutuhan pokok dari gerakan ini. 


"Untuk dua hari terakhir banyak sekali sasarannya yakni ibu-ibu janda yang selama ini kerja serabutan, namun sekarang tidak bekerja lagi, ada juga yang sebagai tukang ojek, pedagang sayur, yang sangat mengalami kesusahan akibat dampak ekonomi yang  diakibatkan wabah ini," kata Cosmas Eko.


"Salah satunya ibu Siti yang selama ini sebagai petugas kebersihan di suatu perusahaan yang tutup sementara, harus menghidupi delapan orang anaknya yang semuanya masih usia sekolah," tambahnya.


Posko Satgas Pemuda Katolik Kepri untuk penanganan Covid-19 hingga saat ini terus membuka ruang donasi seluas-luasnya untuk dapat terus disalurkan untuk warga yang terdampak, melalui Rekening Bank Mandiri  1090012391504


Tindakan-tindakan kecil ini diharapkan menjadi mata rantai untuk kebaikan bersama, guna mampu membantu semakin banyak warga yang membutuhkan khususnya di wilayah Kepri. 


Salah satu Wakil Ketua Pemuda Katolik Kepri Roy Chardo Sitanggang juga mengatakan, kalau banyak lembaga-lembaga melakukan aksi yang hampir sama dengan menyisihkan sebagian dari kelebihannya. Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kepri punya spirit yang berbeda, yakni berbagi dari kekurangan. 


"Hal ini untuk membuka kesempatan seluas-luasnya bagi siapapun yang ingin ikut serta berdonasi dalam aksi kepedulian sosial ini," kata Roy Chardo Sitanggang.


"Mari tetap kita jaga kesehatan, jangan lupa cuci tangan bersih, lakukan social distancing dan physical distancing, gunakan masker, dan tetap taati himbauan Pemerintah," tutupnya (egi).




Share on Social Media