Batam, News, Kepri

BPJS Kesehatan Luncurkan Chika Sebagai Pelayanan Informasi dan Pengaduan

Egi | Senin 30 Mar 2020 13:35 WIB | 3811

BPJS Kesehatan/Keternagakerjaa


Chika pelayanan BPJS Kesehatan (ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Tetap berikan pelayanan prima kepada masyarakat disaat Virus Corona (Covid-19) melanda Indonesia, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Batam memberikan layanan Chat Asistant JKN (Chika), Senin (30/3/2020).


Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Batam, Irfan Rachmadi mengatakan melalui layanan chatbot bernama Chika, kini mereka punya banyak opsi dalam mengakses layanan seputar JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) tanpa perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan.


"Layanan Chika dari BPJS Kesehatan merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon melalui sistem atau artifical intelligence," kata Irfan.


Dengan memanfatkan media sosial seperti Whatshapp, Telegram dan Massenger Facebook, kini peserta JKN-KIS dapat mengajukan informasi dan pengaduan melalui telepon pintar tanpa harus meninggalkan rumah.


Chika sendiri merupakan layanan dalam bentuk chatbot, atau layanan informasi yang secara otomatis direspon oleh sistem.


Layanan Chika ini punya banyak kemiripan dengan layanan JKN-KIS pada umumnya dimana layanan terbaru ini bisa jadi solusi bagi peserta ketika harus menjalankan Social Distance di tengah merebaknya Covid-19.


"Ini hal yang bagus di tengah keadaan sekitar yang sedang berjuang melawan corona, ada satu inovasi hadir yang bisa dimanfaatkan para peserta namun tetap disiplin menjalankan Social Distance," ungkapnya.


Melalui Chika ini, peserta JKN–KIS dapat mengakses pelayanan untuk cek status peserta, cek tagihan, registrasi peserta, perubahan data fasilitas kesehatan, maupun informasi letak fasilitas kesehatan atau kantor BPJS Kesehatan terdekat melalui media sosial Whatsapp (08118750400), Facebook (BPJSKesehatanRI) maupun Telegram (https://t.me/BPJSKes_bot, (egi)




Share on Social Media