Batam, Nasional , News, Kesehatan

Dua Orang di Batam Positif Corona, 191 Orang Close Contack Tengah Dalam Pengawasan

Agung | Jumat 20 Mar 2020 22:14 WIB | 133

Pemko Batam
Corona


Ilustrasi. (AM)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Setelah disampaikan oleh Walikota Batam, H.M. Rudi dalam konferensi pers di kantor Pemko Batam, saat ini telah ada dua orang yang positif terjangkit virus corona, dan ada sebanyak 191 orang dinyatakan Close Contack dengan kedua pasien tersebut, Jumat (20/3).


Satu orang pertama yang terjangkit, merupakan seorang wanita berusia 52 tahun, yang baru melakukan perjalanan dari luar daerah. Di antaranya Jakarta, Bogor dan Yogyakarta. Mulai dari tanggal 21 Februari 2020 dan kembali ke Batam pada tanggal 4 Maret 2020 lalu.


Setelah tiba di Batam, setidaknya ada 60 orang yang dinyatakan close Contack dengan wanita tersebut.


Wanita 52 tahun tersebut, kini tengah menjalani masa perawatan di ruang isolasi Rumas Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah.


Sementara pada kasus yang kedua, terjangkit pada seorang WNI pria yang berusia 32 tahun.


Dikatakan Oleh Rudi, bahwa pria ini telah melakukan perjalanan ke beberapa negara yang telah terpapar virus Corona. 


Pada tanggal 25 Februari 2020 hingga 1 Maret 2020, laki-laki tersebut berada di Negara Malaysia.


"Dan pada tanggal 1 Maret 2020 hingga 11 Maret 2020, sudah berada di Paris. Dia mengaku pada saat di Paris pernah kontak langsung dengan temannya yang positif terpapar virus Corona," ucap Rudi, Jumat (20/3).


Pria tersebut akhirnya pulang ke Indonesia, dengan transit ke negara Singapura pada 12 Maret 2020 lalu, dan langsung melakukan di perjalanan, hingga tiba di Batam pada pukul 18.40 WIB, melalui pelabuhan Sekupang.


Walikota Batam H.M. Rudi, yang menyampaikan Rilis  di Pemko Batam, terkait penyebaran virus Corona di kota batam, yang di dampingi Wakil walikota Batam Amsakar Achmad, Sekda Kota Batam Jefridin, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi. (Foto Agung)


"Pria ini menuju hotel di kawasan Batam Center dengan taxy plat Hitam, namun nomer polisi nya dia lupa," Kata Rudi.


Selang beberapa hari, pria ini mengalami gangguan pernafasan, sehingga melakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat, Namun sang dokter yang mengetahui gejala pria tersebut mendekati Suspect Corona, maka langsung menganjurkan ke Rumah Sakit Otorita Batam (RSOB).


"sejak awal masuk hingga saat ini, kondisinya terus memebaik, tapi dari uji lap yang dilakukan oleh Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam,m yang dikirim ke pusat, menunjukan positif terpapar virus Corona," Jelasnya.


Ada sebanyak 131 orang yang dinyatakan close contack dengan pria tersebut, diantaranya adalah para kru kapal yang berjumlah 5 orang, Penumpang kapal yang berjumlah 125 orang, serta sang pengemudi taxy yang berjumlah satu orang.


Disampaikan oleh Kepala Dinas kesehatan (Kadinkes) Kota Batam Didi Kusmarjadi, Bahwa pihaknya masih melakukan penyelidikan mendalam kepada para pegawai hotel ditempat pria tersebut menginap.


"Baik dari resepsionis atau petugas kebersihan, dan ini masih kita dalami," kata Didi.


Direncakan, ratusan orang yang pernah close contack tersebut akan dikarantina di Asrama haji Kota Batam. (AM)