Batam, News, Ekonomi

Pasar Induk Jodoh Akan Jadi Pusat Central Ekonomi Kota Batam

Juliadi | Selasa 10 Mar 2020 12:26 WIB | 3652

Pasar


Kadisperindag Kota Batam Gustian Riau, Selasa (10/3/2020). Foto : Adi/MK


MATAKEPRI.COM BATAM -- Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan kembali membangun dan memperindah Pasar Induk Jodoh dengan lima lantai, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kota Batam Gustian Riau, Selasa (10/3/2020).


Gustian menyampaikan bahwa Pemko Batam telah memberikan surat pemberitahuan kepada warga, akan tetapi ditolak warga.


"Kita masih menunggu proses AMDAL dan Amdalin. Setelah Amdal selesai baru Amdalin pembangunan," ujar Gustian.


Menurut Gustian, Amdal selesai sekitar bulan November dan setelah pasar Induk ini dipagar masyarakat tidak bisa masuk lagi dan pemagaran ini akan selesai satu hari ini.


Gustian menghimbau kepada masyarakat bahwa pembangunan ini dilakukan untuk masyarakat juga dan masyarakat juga akan menempati pasar ini yang akan direncanakan dibangun lima lantai.


Dan pasar ini juga akan menjadi pusat central perekonomian Kota Batam, serta pasar ini juga akan langsung dikelola Pemko Batam.


"Jumlah yang akan pedagang dipasar ini berjumlah 1.888 yang terdaftar dan ada lebih akan ada sisa sekita 100an atau 200," jelas Gustian.


Gustian mengungkapkan pembangunan pasar Induk Jodoh ini akan menghabiskan dana sekitar Rp. 200 Milyar dari pusat dan Pembangunan ini dikerjakan setelah Amdal keluar.


"Karena lahan ini sudah dihibahkan dari Pemko Batam, tentunya aset ini kami jaga dengan luas lahan 2,1 Hektar," ungkap Gustian.


Gustian menambahkan, akan mencari Oknum yang bermain dan menyewakan lahan dipasar ini, serta yang memasuki area tersebut akan terkena dampak hukumnya.


"Yang dijelas kita bekerja hanya untuk masyarakat dan pasar ini setelah jadi akan cantik sekali dan juga akan dibangun gudang besar dan freezer juga," tutup Gustian. (Adi) 



Share on Social Media