Batam

Pulau Galang, Kecamatan Penduduk Sedikit Nomor Dua Setelah Bulang

Juliadi | Senin 09 Mar 2020 19:44 WIB | 3047



Pintu masuk Camp Vietnam, Rabu (4/3/2020). Foto : Adi/MK


MATAKEPRI.COM BATAM -- Pulau Galang yang ada Kota Batam akan dibangun Pemerintah Rumah Sakit khusus penanganan penyakit mewabah seperti virus corona, pembangunan rumah sakit ini yang berlokasi di Camp Vietnam, Salah satu tempat wisata yang bersejarah.


Camp Vietnam sudah dikenal Internasional sebagai tempat pengungsi untuk orang-orang Vietnam yang lari dari negaranya akibat perang pada tahun 1979.


Dalam Batam dalam Angka 2020, Galang merupakan kecamatan dengan penduduk nomor dua paling sedikit setelah Kecamatan Bulang.


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam jumlah penduduk Galang berdasarkan pendataan 2019 adalah 17.183 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk rata-rata 1,03% per tahun.


Meski penduduknya sedikit, wilayah Galang cukup luas. Dan ternyata, lebih luas wilayah perairannya dibandingkan daratannya. Yakni 350,76 Km persegi daratan dan 1.667,72 Km persegi perairan.


Kecamatan Galang memiliki delapan kelurahan, yakni Pulau Abang, Karas, Sijantung, Sembulang, Rempang Cate, Subang Mas, Galang Baru, dan Air Raja, Galang memiliki puluhan pulau dan dilewati puluhan sungai.


Satu kelurahan memiliki banyak pulau, baik berpenghuni maupun tak ada penghuninya, Di Kelurahan Sijantung saja, misalnya. Hanya 3 pulau yang dihuni, 9 pulau lain tak berpenghuni.


Seperti pulau Penyabung, Anak Mati, Melur, Sebantal, Perantau, dan lainnya. DI kelurahan lain, kondisinya juga begitu. (Adi) 



Share on Social Media