Batam, News, Kepri

DPD PAN Buka Pendaftaran Balon Walikota dan Wakil Walikota Batam

Egi | Kamis 05 Mar 2020 17:03 WIB | 1838



Foto bersama tim penjaringan DPD PAN di ruangan fraksi PAN DPRD Kota Batam (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Batam secara resmi membuka penjaringan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Batam untuk Pilkada Kota Batam periode 2020-2025.


Koordinator Penjaringan PAN, Faisal Ola mengatakan, pendaftaran para bakal calon ini akan dibuka pada 9 sampai 23 Maret 2020.


"Silahkan ambil formulir ke sekretariat DPD PAN Batam di Sei Panas, bagi yang ingin mendaftar," kata Faisal pada Kamis (5/3/2020) di ruangan fraksi PAN DPRD Kota Batam.


Nantinya untuk kriteria dan persyaratan bakal calon ini akan disampaikan langsung oleh panitia penjaringan saat proses pendaftaran.


"Setiap bakal calon yang mendaftar akan diberikan formulir pendaftaran untuk diisi dan dilengkapi dengan proses seperti pada umumnya," tuturnya.


Berbeda dengan parpol lainnya, DPD PAN Batam hanya akan membuka pendaftaran bagi bakal calon Wako dan Wawako Batam saja, tidak termasuk bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur.


"Kami fokus pada bakal calon Wako dan Wawako Batam saja," bebernya.


Dalam penjaringan ini, PAN terbuka tidak hanya untuk kader partai semata. Diluar kader partai mereka tetap akan menerima, dan mekanisme penetapan tetap sama dengan cara yang dipakai partai lain.


"Kita hanya melaksanakan, secara teknis keputusan akan ditetapkan melalui SK DPP siapa yang difinalkan nanti akan ditentukan oleh DPP PAN," jelasnya.


Amrullah Hamid, Sekretaris Tim Penjaringan PAN juga mengatakan, PAN juga turut melakukan diskusi internal tentang kader partai yang akan dicalonkan. Begitu juga dengan komunikasi politik untuk calon di luar partai juga telah dibicarakan. Akan tetapi perihal siapa yang mendaftar hingga saat ini masih dalam proses menunggu hingga penjaringan resmi mulai dilakukan.


"Kriteria kita lebih banyak pada kriteria umum saja. Sementara itu untuk kriteria khusus hanya pada calon yang murni kita usung, diluar calon dari hasil komunikasi politik dengan partai lain," kata Amrullah Hamid.


Kendati demikian, pihaknya sudah melakukan komunikasi politik ke parpol lainnya. Menurutnya pendaftaran bakal calon ini hanya untuk kepentingan administrasi.


"Kader internal kami juga ada yang ingin maju, tapi secara administrasi tetap harus mendaftar," tutupnya (egi)



Share on Social Media