Batam, News, Hukum & Kriminal

Penangkapan Lima Kapal Ilegal Fishing, Edhy : Semoga Jadi semangat Para Pelaku Pengawasan Laut

| Kamis 05 Mar 2020 11:39 WIB | 2186

Menteri/Wamen
KKP


Pemberian penghargaan kepada para nahkoda kapal yang telah melakukan pengangkatan kapal ilegal fishing. (Foto : Agung)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo sangat mengapresiasi kinerja para pelaku pengawasan laut yang kembali melakukan pengamanan terhadap lima kapal berbendera Vietnam yang tengah melakukan aktivitas Ilegal Fishing.


Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan-KKP kembali melakukan penangkapan terhadap lima kapal asing ilegal yang melakukan kegiatan penangkapan ikan di Laut Natuna Utara. Keberhasilan penangkapan para pencuri ikan tersebut disampaikan oleh  dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Pangkalan PSDKP Batam, Rabu (4/3).


"Semoga ini bisa menjadi semangat para temen-temen dari pengawasan kelautan untuk bisa terus menjaga keamanan laut di wilayah Indonesia," ucap Edhy, Rabu (4/3).


      • Baca juga : Lima kapal Ilegal Fishing Asal Vietnam Kembali Diamankan KKP Batam


Keberhasilan penangkapan ini juga tidak terlepas dari kerjasama para pelaku pengamanan laut


Dalam penangkapan kapal kali ini, pihaknya juga mengamankan ABK sebanyak 68 orang, serta seluruh hasil tangkap (ikan) berjumlah hingga berton-ton.


"Untuk penangkapan, telah kita surati Dubes yang bersangkutan dan akan kita proses hukum untuk yang bertanggung jawab, serta sisanya akan segera kita pulangkan ke negaranya," jelas Edhy.


Penangkapan kelima kapal Ilegal Fishing tersebut, dilakukan oleh lima kapal pengawas perikanan di Laut Natuna Utara yaitu KP. Paus 01, KP. Hiu Macan Tutul 02, KP. Orca 01, KP. Orca 02, dan KP. Orca 03.


      • Baca juga : 68 ABK Ikut Diamankan bersama Lima Unit Kapal yang melakukan Ilegal Fishing


"Pengamanan perairan ini, merupakan respon KKP dalam melaksanakan arahan Presiden untuk meningkatkan pengawasan dan wujud kehadiran negara di Laut Natuna Utara," Ungkapnya.


Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo juga memberikan penghargaan kepada para nakhoda Kapal Pengawas Perikanan yang berhasil melakukan penangkapan terhadap kapal yang melakukan illegal fishing.


Edhy juga berharap, apresiasi yang diberikan tersebut mampu meningkatkan semangat para Jajaran untuk memberantas ilegal fishingbyang kerap terjadi di perairan Indonesia.


"Saya sangat mengapresiasi semangat, keberanian dan daya juang para Awak Kapal Pengawas Perikanan kita dalam memberantas illegal fishing," harapnya. (AM)



Share on Social Media