Batam

Batam Akan Miliki Museum BJ Habibie

Juliadi | Sabtu 29 Feb 2020 09:09 WIB | 2967

Wisman


Foto Ilustrasi museum BJ Habibie


MATAKEPRI.COM BATAM -- Batam Tourism and Promotion board bersama Yayasan Warisan Batam (Batam Heritage Society) menggagas untuk membangun Museum Habibie untuk mengenang jasa Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, hal tersebut di sampaikan oleh Direktur Eksekutif Batam Tourism and Promotion board, Edi Sutrisno, Jumat (28/2/2020) malam kepada awak media.


Edi menyampaikan  museum ada dua yakni museum umum dan museum tematik, di Batam hanya ada museum umum yakni Museum Raja Ali Haji di Engku Putri Batam Centre. Akan tetapi masih belum beroperasi.


"Sambil menunggu itu, sudah lama Kita menggagas museum BJ Habibie, kenapa harus ada museum tematik karena satu museum tematik tidak ada di Kepri sampai sekarang khususnya di Kota Batam, "kata Edi.


"maka untuk mengisi kekosongan itu, kita menggagas museum BJ Habibie. Karena Satu itu untuk menjadi destinasi pariwisata, karena Destinasi kita terbatas, " sambung Edi.


Dengan adanya destinasi itu, menurut Edi supaya wisatawan datang ke Batam mempunyai opsi lebih. Ini juga diharapkan bisa menjadi Destinasi yang mempunyai despinsi baru.


"Jadi wisman dan Wisatawan Nusantara (Wisnus) bisa menikmati Destinasi yang lebih khususnya museum BJ Habibie," kata Edi.


Edi menjelaskan, alasan dipilihnya Museum BJ Habibie, karena BJ Habibie merupakan tokoh yang ikut andil membangun Kota Batam selama 20 Tahun (1978-1998).


"Jejak-jejak beliau (BJ Habibie) itu banyak sekali yang bisa kita nikmati sampai sekarang, tapi banyak orang tidak tau jejak-jejaknya, "jelas Edi.


Menurut Edi banyak orang tidak tau bahwa BJ Habibie merupakan tokoh yang selama 20 tahun ikut membangun Batam.


Dibangun museum ini, pertama untuk mengenang jasa BJ Habibie selama di Batam dan kedua mendirikan destinasi wisata.


"letak museum ini pas diatas welcome to Batam, karena selama ini orang datang ke Welcome to Batam ribuan setiap hari, baik itu Travel yang hanya untuk selfie, "tutur Edi.


Wujud museum yang akan di Bangun di atas Welcome to Batam yakni pesawat N250, karena pesawat ini salah satu pesawat yang dibuat oleh BJ Habibie.


Selain itu, dibawa di atas museum itu juga akan dibangun resto yang isinya makanan khas melayu dan orang juga di atas museum juga bisa melihat pemandangan sepenggal Kota Batam.


"Nanti kita buatkan tangga lift khusus ke atas, kita harapkan agar orang tau bahwa BJ Habibie merupakan salah satu Putera terbaik bangsa. Dan itu akan menjadi satu-satunya museum BJ Habibie di Indonesia, "lanjut Edi.


Edi berharap, agar orang datang ke Batam apabila tidak kunjungi Museum BJ Habibie maka kedatangannya tidak lengkap.


Menurut Edi, semua konten di Museum ini mulai dari BJ Habibie menginjak kaki ke Batam, membangun Kota Batam hingga tahun 1998.


Semenjak Beliau (BJ Habibie) meninggalkan Batam menjadi Wakil presiden akan dirangkum detail dalam museum ini.


Dikatakan Edi, sejak tahun 2000 an materinya sudah dikumpulkan dan Ilustratornya ada dua yakni Batam Tourism and Promotion board Dan Yayasan Warisan Batam (Batam Heritage Society).


Langkah yang sudah dilakukan yakni, pengumpulan data kehidupan BJ Habibie semenjak ada di Kota Batam.


"Kami tidak bisa sendiri, kami juga akan bekerjasama dengan pihak Swasta, langkah kedua yakni BP Batam sebagai pemilik lahan, karena Welcome to Batam merupakan hutan taman Kota yang tidak dialokasikan kepada siapapun, "ungkap Edi.


Museum ini juga ada nilai ekonominya, didalam museum itu akan ada Pernak-pernik milik BJ Habibie dan craft Center serta tentang BJ Habibie.


Data-datanya sendiri sudah mencapai 60% dan orang yang akan datang ke Museum ini akan mengingat secara sosok tokoh BJ Habibie salah satu Putera terbaik bangsa.


"Kenapa Museum BJ Habibie dibangun di Batam, karena BJ Habibie selama 20 tahun bangun Kota Batam, "jelas Edi.


Menurut Edi, bahwa orang Batam wajib tau bahwa Kota Batam pernah dipimpin oleh orang hebat, karena tidak semua daerah atau Provinsi pernah dipimpin oleh Presiden.


Data yang berbentuk Narasi dan foto sudah ada dan saat ini sedang konekting data berbentuk benda-benda. Batam akan miliki Museum BJ Habibie. (Adi) 



Share on Social Media