Batam, News

Simpan Sabu Dalam Dubur, Penumpang Lion Air Tujuan Surabaya Diamankan BC Batam

Egi | Selasa 25 Feb 2020 14:59 WIB | 1796

Bea Cukai


Penumpang Lion Air Fajar Edi Saputra diamankan ketahuan membawa sabu (ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Petugas Bea dan Cukai Batam berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu sebanyak 303 gram pada Kamis, (20/02/2020) sekira pukul 08.30 WIB.


Narkotika tersebut berhasil diamankan dari seorang calon penumpang Lion Air atas nama Fajar yang berdomisili di Batuaji, Kota Batam, yang berencana akan bertolak menuju Surabaya.


"Awalnya BC Batam mendapat informasi dari Bea Cukai Tanjung Mas Jawa Tengah (atas support informasi dari BNNP Jawa Tengah), bahwa terdapat penumpang maskapai yang diduga akan membawa sabu," ucap Kepala Bidang (Kabid) Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi (BKLI) BC Batam Sumarna pada Selasa (25/02/2020).


Menurutnya, atas dasar itu BC Batam menganalisa data reservasi tiket dan kemudian mencurigai reservasi tiket atas nama Fajar Edi Saputra pada penerbangan Lion Air JT 970 tujuan Surabaya.


"Kemudian petugas BC Bandara Hang Nadim Batam melakukan profiling terhadap tersangka dan langsung bergerak menuju ke ruang tunggu Bandara Hang Nadim,"tuturnya.


Didapati penumpang tersebut berada di ruang tunggu A8 keberangkatan Bandara Hang Nadim Batam.


"Pemeriksaan barang bawaan penumpang tidak mendapatkan hasil, maka dilakukan pemeriksaan badan. Untuk itu petugas Bea Cukai Batam membawa penumpang tersebut ke Rumah Sakit Awal Bros untuk dilakukan Rontgen," ungkapnya.


Setelah dilakukan Rontgen kedapatan 3 (tiga) benda asing menyerupai kapsul yang terlihat pada citra rontgen yang diduga NPP disimpan dalam dubur penumpang tersebut.


"Tersangka kemudian dibawa ke KPU Bea dan Cukai Batam untuk dilakukan pemeriksaan mendalam dan didapati bahwa 3 (tiga) kapsul tersebut adalah sabu jenis Methamphetamine sebanyak 303 gram," tutupnya.


Selanjutnya tersangka dan barang bukti diserahkan ke BNNP Kepulauan Riau (Kepri) untuk proses lebih lanjut.(egi)




Share on Social Media