Nasional , News, Kesehatan

Viral Video Sortir masker di Lantai Rumah dan Diinjak-injak, Ini Kata Dokter Ahli

| Jumat 21 Feb 2020 13:48 WIB | 2116

Kesehatan


Screenshot sortir masker yang diinjak-injak di lantai rumah.


MATAKEPRI.COM JAKARTA -- Sebuah video yang menunjukkan kegiatan pengemasan masker di sebuah rumah petakan viral di media sosial. Hal ini disebabkan karena pengemasannya yang jauh dari kesan higienis.


Di dalam video tersebut, beberapa ibu-ibu pekerja sedang menyortir masker yang sudah dipesan. Parahnya, masker tersebut dipegang tanpa pelindung apapun dan diinjak-injak.


"Jadi kalau misalnya ini, posisi-posisi ini di gudang atau di pabriknya. Ini karyawan-karyawan yang sedang sortir atau memasukkan masker 3 play dengan merek Solida. Ini barangnya asli. 3 ply bukan 2 ply," kata seorang pria di dalam video tersebut.


     â€¢ Baca juga : Viral Video Sortir Masker di Lantai Rumah dan Diinjak-injak, Ini kata Para Netizen


Dokter ahli paru dari Omni Hospitals Pulomas dr Frans Abednego Barus, SpP, memberi tanggapan terkait video viral tersebut. Ia mengatakan masker yang dikemas seperti itu sudah tidak layak digunakan.


"Jelas tidak bisa dipakai. Semua produk kesehatan harus bersih. Karena kita kontak dekat (dengan masker) saat menggunakannya," tegasnya saat dihubungi detikcom, Jumat (21/2).


Menurut dr Frans, menggunakan masker yang tidak dikemas secara higienis seperti yang ditampilkan video tersebut bisa meningkatkan risiko pada kesehatan pemakainya.


Disinggung potensi bahaya, dr Frans menegaskan pemakaian masker seperti itu bisa lebih berbahaya, terutama untuk saluran pernapasan.


"Bahaya yang muncul itu adanya peningkatan risiko Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)," jelas dr Frans.


"Dan mungkin banyak kuman-kuman yang lebih berbahaya yang menginfeksi saluran napas. artinya tubuh kita tidak mengenal kuman (dari luar) itu."



(***)
Sumber detikcom



Share on Social Media