Batam, News, Ekonomi

Peringati Ulang Tahun Dewa Rezeki Bersama Vihara Viriya Pala

| Minggu 26 Jan 2020 20:02 WIB | 5428



Vihara Viriya Pala, yang memiliki dewa rezeki. (Foto : Agung)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Setelah masyarakat Tionghoa menggelar perayaan tahun baru cina atau Imlek pada Sabtu (25/1) lalu, Vihara Viriya Pala yang berlokasi di Kompleks Limindo Trade Center Blok C nomer 1, Batam Center akan memperingati hari ulang tahun Cai Shen Ye atau Dewa Rezeki.


Hari Ulang tahun dewa Rezeki, diperingati pada hari Kelima atau pada tanggal 29 Januari 2020 mendatang.


Suhu (tengah), ketua yayasan beserta para pengurus  saat Perayaan imlek pergantian dari shio Babi ke shio Tikus. (Ist)


Sebelumnya, di Vihara Viriya Pala juga telah melakukan pergantian patung 'shio Babi' menjadi patung 'shio Tikus', yang mana masyarakat Tionghoa juga meyakini, dengan bergantinya tahun, keberuntungan (U Fuk) seseorang juga akan ikut berubah.


Siha selaku ketua yayasan Vihara Viriya Pala menjelaskan bahwa setiap tahun di vihara ini rutin menggelar atau memperingati hari ulang tahun Cai Shen Ye atau Dewa Rezeki.


Dan khusus tahun ini, akan menjadi kegiatan yang lebih meriah dari beberapa tahun sebelumnya.


para jemaat yang sedang berfoto di area Vihara.(foto : Agung)


"Moment ini telah menjadi kegiatan rutin sejak 15 tahun lalu. Dan pada tahun ini akan kita buat acara lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya," ucap Siha, pada Minggu (26/1).


Siha juga mengatakan bahwa dewa rezeki ini selalu turun disetiap tahunnya untuk memberikan kelancaran rezeki, usaha, dan kesejahteraan bagi para jemaatnya.


Khususnya di vihara Viriya Pala yang terdapat Dewa Rezeki, memebuat para jemaat nya selalu ramai. Bahkan tidak hanya dari masyarakat lokal saja, namun para jemaat dari Singapura juga banyak yang beribadah di Vihara tersebut.


"Banyak juga dari Singapura yang beribadah disini. Yang berharap agar rezeki dan usahanya bisa lancar," ungkapnya.


Dilokasi yang sama, Gek Hui atau yang lebih akrab dipanggil Ahui selaku wakil ketua yayasan Vihara Viriya Pala mengatakan dalam perayaan tersebut akan banyak kegiatan lainnya, seperti doorprize, pembagian ribuan angpau, hingga lelang berbagai barang yang dipercaya bisa membawa keberuntungan dalam usaha.


Perayaan ibadah nantinya akan dimulai sejak pagi, serta di lanjutkan dengan pembagian angpau serta akan ada pertunjukan barongsai.


Dilanjutkan hingga ke malam hari, akan ada pemandangan bernuansa merah dengan ratusan lampion serta ratusan lilin yang menghiasi area sekitar Vihara.


"Kegiatan ini kita mulai sejak pagi, dan terus berjalan hingga acara puncak di malam hari. Dan untuk pembagian angpau akan ada dua sesi, siang dan malam hari," Kata Gek Hui atau Ahui, Minggu (26/1).


Ahui juga mengajak kepada masyarakat untuk beribadah di Vihara Viriya Pala dan menyaksikan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan.


dereatan patung shio yang ada di Vihara Viriya Pala. (Foto : Agung)


"Berbagi kasih, rezeki dan mendoakan kesejahteraan bagi masyarakat luar agar bisa lebih baik, menjadi harap kita," ucap Ahui, Minggu (26/1)


"Kegiatan ini akan kita buat sebaik mungkin, dari masyarakat dan untuk Masyarakat, agar apa yang telah diharapkan bisa tercapai pada tahun ini," pungkasnya. (AM)



Share on Social Media