Batam, News, Ekonomi

Rupiah Lemah Rp.13.620 - Rp.13.630 per USD

Juliadi | Rabu 22 Jan 2020 16:26 WIB | 3168



Ilustrasi


MATAKEPRI.COM BATAM -- Indeks bursa Asia hari ini Rabu (22/1/2020) terlihat dari hampir semua indeks futures bursa Asia tercatat merah, ditambah harga minyak mentah dibuka turun pagi ini dibandingkan pembukaan kemarin.


Hal tersebut dikatakan Lana Soelistianingsih, selaku Kepala Riset/Ekonom Samuel Aset Manajemen.


Mata uang kuat Asia Hongkong Dolar, Singapura Dolar dibuka melemah terhadap USD, yang bisa menjadi sentimen pelemahan rupiah menuju kisaran antara Rp.13.620  - Rp.13.630 per USD.               


Demo pekerja menolak rancangan Omnibus Law Cipta Kerja kemungkinan terus berlanjut seiring dengan poin-poin pengaturan upah yang baru.


Aturan yang baru tersebut memungkinkan upah relatif fleksibel dan tidak pasti, Pemerintah tampaknya merestui skema upah per jam pekerja paruh waktu. Ada potensi ketidakpastian upah yang bisa berujung pada turunnya penjualan.
 

International Monetary Fund (IMF) merevisi turun 0,1 poin proyeksi ekonomi global tahun 2020 sehingga menjadi 3,3%, dan merevisi turun 0,2 poin untuk tahun 2021 sehingga menjadi 3,4%. Proyeksi turun ini karena negara-negara EMs tumbuh dibawah ekspektasi utamanya pada India.


IMF mencatat beberapa katalis yaitu: kebijakan moneter longgar dan kesepakatan dagang AS-China, dan menurunnya kekawatiran terhadap Brexit yang no deal. (*/Adi) 



Share on Social Media