Batam, News, Politik

Mengenal 'Si Gosi' Maskot pilkada 2020 Kepri

| Senin 13 Jan 2020 11:31 WIB | 642

Pemko Batam
Pemprov Kepri
Pilkada
KPU


'Si Gosi' Si Gonggong Demokrasi Maskot pilkada Kerpi 2020. (Ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Si Gosi, atau kepanjangan dari Si Gonggong Demokrasi ini, dipilih menjadi maskot dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) dan Pamulihan walikota (pilwako) 2020, oleh KPU Kepri.


Maskot tersebut telah banyak diperkenankan diberbagai event yang digelar oleh KPU dan juga pemko Batam.


Si Gosi adalah Boneka yang berpostur gemuk dan berwarna kuning. Dan ada beberapa pakaian adat Melayu yang di gunakan, seperti tanjak dan juga sarung songket dibagian bawahnya.


Di sampaikan oleh ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau, Sriawati bahwa Si Gosi merupakan perpaduan ekosistem lokal dengan ciri khas kebudayaan Kepri, yaitu adat Melayu.


"Gonggong merupakan biota laut spesies khas Kepri sedangkan songket dan tanjaknya mencirikan bahwa kebudayaan kita melekat kemelayuan," kata Sriawati.


launching Pilkada 2020 di Grand Mall, pada Sabtu (11/1). (Ist)


Maskot tersebut mengenakan songket dan tanjak yang sangat sesuai dengan budaya melayu. Sebagai logo yang mempresentasikan tujuan terselenggaranya pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.


Hal yang sama diungkapkan Tarmizi dari bengkel Tanjak Rumah Hitam sebagai designer 'Si Gosi'. Dia mengatakan bahwa karyanya itu merupakan wujud dari identitas Kepri.


"Pembuatan maskot ini butuh ide rancangan yang luar biasa, bersama tim dengan waktu 4 hari 9 maskot Si Gosi akhirnya dapat kita rampungkan," jelasnya. (AM)