Batam, News

Museum Raja Ali Haji, Menggambarkan Perjalanan Sejarah Batam Hingga Kerajaan Riau Lingga

Juliadi | Minggu 12 Jan 2020 12:16 WIB | 3295

Wisman


Kadisbudpur Kota Batam, Ardiwinata


MATAKEPRI.COM BATAM -- Museum Raja Ali Haji Batam, merupakan museum yang menggambarkan perjalanan sejarah Batam sejak masa Kerajaan Riau Lingga, berlokasi di Dataran Engku Putri, Batam Center, Kota Batam, Kepri  



Hal tersebut di sampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpur) Kota Batam, Ardiwinata.


Menurutnya didalam Museum ini para pengunjung dapat melihat cerita sejarah Batam, sejarah dari Kerajaan Riau Lingga, Belanda, Temenggung Abdul Jamal, Jepang, masa Kemerdekaan Indonesia, Pemerintah Kabupaten Kepri, Otorita Batam, BJ Habibie, Kota Administratif, masuk Sejarah Astaka, Khasanah Melayu, dan masa pembangunan infrastruktur atau Batam sekarang.



Selain itu, dikatakannya didalam Museum ini juga akan diisi berbagai benda yang terkait dengan kebudayaan masyarakat melayu di Batam. Seperti peralatan tradisional, upacara adat, pakaian adat, peninggalan sejarah, hingga keramik-keramik kuno.



Ia mengatakan kehadiran museum ini diharapkan dapat menjadi daya tarik baru bagi wisatawan. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Sekaligus untuk memenuhi kebutuhan warga Batam dalam mendapatkan informasi seputar sejarah peradaban di Batam. (Adi) 



Share on Social Media