Batam, News

Mesin X-ray Pelabuhan Punggur Rusak, BC Batam Periksa Penumpang Secara Manual

Egi | Rabu 08 Jan 2020 23:57 WIB | 2639



Mesin X-ray pelabuhan Punggur dalam keadaan rusak (ist)


MATAKEPRI.CO.ID BATAM -- Mesin X-ray Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Batam mengalami kerusakan. Hal ini diungkapkan oleh salah satu penumpang kapal yang hendak melakukan perjalanan, Rabu (08/01/2020).


Mesin X-ray merupakan standar mutlak untuk keamanan bagi penumpang yang membawa barang bawaan. Setiap penumpang yang akan berangkat dan memasuki ruang penumpang, wajib melewati mesin X-ray, untuk mendeteksi barang bawaan yang diduga mencurigakan.


Salah seorang calon penumpang, Indralis sangat menyayangkan tidak berfungsinya mesin X-ray yang ada di pelabuhan Telaga Punggur tersebut.


Dikatakannya, mesin x-ray itu berguna untuk mendeteksi barang bawaan penumpang. Kalau mesin tersebut rusak, dikhawatirkan bisa membahayakan perjalanan dengan menggunakan transportasi laut itu.


"Mesin X-ray itu sangat penting keberadaannya di pelabuhan. Jika mesin itu rusak, maka kita tidak tahu barang yang dibawa oleh calon penumpang. Kami minta kepada instansi terkait, agar secepatnya diperbaiki mesin tersebut. Jika dibiarkan berlarut-larut, akan sangat membahayakan penumpang,"ungkapnya beberapa hari yang lalu.


Sementara itu saat di konfirmasi dengan Kepala Bidang (Kabid) Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi (BKLI) KPU BC Tipe B Batam, Sumarna membenarkan adanya kerusakan terhadap mesin X-ray di Pelabuhan Telaga Punggur.


"Oh iya, mesin X-ray kemaren ini sempat rusak. Sejauh ini petugas BC kami siagakan untuk pemeriksaan manual secara random berdasarkan profiling penumpang,"ucap Sumarna pada Senin (06/01/2020) lalu.


"Adapun terkait mesin X-ray ini akan segera kami koordinasikan dengan pengelola pelabuhan, dalam hal ini BP Batam agar dapat untuk upayakan perbaikan atau penggantian mesin tersebut,"tutupnya (egi)




Share on Social Media