Nasional , News

Idham Azis Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Pati Dan Pamen Polri

Juliadi | Kamis 26 Dec 2019 17:44 WIB | 3826

Mabes


Suasana kenaikan pangkat Pati dan Pamen Polri, Kamis (26/12/2019). Foto : Detik.com


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Markas Besar (Mabes)  Polri menggelar upacara Kenaikan Pangkat atau Korps Rapor Perwira Tinggi (Pati), dengan ditunjuknya Irjen Gatot Eddy Pramono sebagai Wakapolri, maka Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz memberi kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi kepada Gatot, menjadi seorang Komisaris Jenderal (Komjen).


Dalam upacara ini, Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Agus Andrianto dan Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo juga menerima kenaikan pangkat karena menduduki jabatan bintang tiga. Sebagaimana diketahui, Agus baru saja menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri dan Sigit menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri.


"Rekan-rekan yang beruntung dari AKBP ke kombes dan para pati, ada tiga momentum. Kita bercermin, mensyukuri nikmat Tuhan bisa setapak lebih tinggi dari kemarin, momentum berterima kasih kepada institusi yang membesarkan kita. Momentum berterima kasih kepada keluarga," ucap Idham Azis.


Upacara digelar di Aula Bareskrim, lantai 9, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (26/12/2019). Jenderal Idham Azis memimpin kegiatan kenaikkan pangkat ini selaku inspektur upacara.


Selain ketiga Jenderal tersebut, ada 9 Jenderal bintang satu atau brigadir jenderal (Brigjen) yang dinaikkan pangkatnya menjadi Inspektur Jenderal (Irjen).


Kemudian Perwira Menengah (Pamen) ada 12 komisaris besar (kombes) yang turut dinaikkan pangkatnya menjadi brigjen dan ada 90 Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) yang naik pangkat ke kombes.


Pantauan detikcom, selain para pejabat utama Polri, turut hadir Komjen Firli Bahuri yang baru saja resmi menduduki jabatan Ketua KPK periode 2019-2024. Firli berdiri di barisan para pejabat utama seperti Irwasum Polri Komjen Moechgiyarto, Kabaintelkam Polri Irjen Agung Budi Maryoto serta Komjen Ari Dono.


Sebelumnya Kapolri Jenderal Idham Azis melakukan rotasi di tubuh Polri pada Jumat, 20 Desember 2019. Irjen Gatot Eddy Pramono, yang saat itu menjabat Kapolda Metro Jaya, dipercaya menjadi Wakapolri.


Hal tersebut diketahui dari Surat Telegram Kapolri nomor ST/330/XII/KEP/2019 tertanggal 20 Desember 2019.


Irjen Gatot menggantikan Komjen Ari Dono Sukmanto, berdasarkan surat telegram tersebut. Ari Dono dimutasi menjadi pati Mabes Polri dalam rangka pensiun. (***/Detik.com



Share on Social Media