Batam, News

Babinsa Kelurahan Kampung Seraya Hadiri Penyuluhan HIV Dan TBC

Juliadi | Jumat 13 Dec 2019 15:03 WIB | 2961

Kesehatan
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, BATAM - Komando Rayon Militer (Koramil) 01 /Batam Timur (BT) melalui Babinsa 04 Kelurahan Kampung Seraya, menghadiri kegiatan penyuluhan kesehatan terhadap Ibu - ibu hamil, bertempat di Posyandu Mawar XX RW 08 Bengkong Bengkel, Kelurahan Kampung Seraya, Kota Batam, Jumat (13/12/2019).


Penyuluhan tersebut, turut hadir Babinsa 04 Seraya Sersan Satu (Sertu) Imam Muddin, Sekretaris Lurah (Seklur) Seraya, pihak Puskesmas Sengkuang Fauzi, Yuryanti dan Rohani dan kader posyandu Mawar XX Uni.


Penyuluhan kesehatan ini, membahas tentang penyakit HIV dan TBC sekaligus pemeriksaan bagi Ibu - ibu hamil di Posyandu Mawar XX RW 08 Bengkong Bengkel Kelurahan Kampung Seraya.


Menurut Sertu Imam Muddin, kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan dalam tahun ini di Kelurahan Kampung Seraya.


Sertu Imam Muddin, mengucapkan terimakasih kepada Ibu - ibu yang sudah hadir dan mendukung pada kegiatan ini karena kegiatan ini merupakan sangat penting bagi Ibu - ibu sendiri terutama masalah kesehatan kandungan karena nanati ada pengecekan kehamilan.


Sertu Imam Muddin, mengatakan sebelum dilaksanakan pemeriksaan ibu hamil terlebih dahulu dilaksanakannya penyuluhan tentang HIV AIDS yang disampaikan oleh Rohani petugas kesehatan dari puskesmas Sengkuang.


Rohani, menjelaskan bahwa AIDS merupakan kumpulan (Gejala) penyakit yang disebabkan oleh adanya penurunan kekebalan tubuh manusua yg di dapat.


"HIV adalah virus yang membunuh sel darah putih di dalam tubuh manusia, sedangkan fungsi sel darah putih itu sendiri melawan infeksi dan penyakit yang menyerang tubuh manusia," jelas Rohani.


Menurut Rohani, bahwa penularan HIV melalui 3 hal yakni, pertama melalui produk darah baik itu transfusi, alat suntik atau iris yang tercemar HIV, narkoba suntik, tato dan pisau cukur.


Lanjut Rohani, yang kedua, dari ibu ke janin atau ke bayinya dan yang ketiga, melalui hubungan seksual dengan seseorang yg sdh terinfeksi HIV.


Rohani, menambahkan bahwa HIV itu sendiri terdapat di darah, cairan kelamin pria, cairan kelamin wanita dan air susu ibu. (Adi) 



Share on Social Media