Batam, News, Kepri

DPD APMI Kepri Bentuk Pengemudi Profesional

Egi | Rabu 11 Dec 2019 19:42 WIB | 238

Seremonial


Ketua DPP APMI serahkan SK Pengurus kepada Ketua DPD APMI Kepri (Foto:Egi)


MATAKEPRI.COM,BATAM-DPD Asosiasi Pelatihan Mengemudi Indonesia (APMI) Provinsi Kepri melaksanakan pelantikan pengurus yang dipimpin oleh Ketua DPP APMI, Berry Herlambang di Hotel M-One Harbour Bay Batam.


Dalam sambutannya, Ketua DPP APMI, Berry Herlambang mengatakan sangat pentingnya menciptakan pengemudi yang profesional dan berkarakter, yaitu pengemudi yang bisa menanamkan tentang kedispilinan berlalu lintas, keamanan bagi dirinya sendiri, keamanan bagi penumpang juga keamanan dan keselamatan bagi pengguna jalan lainnya.


"Karena mengemudikan kendaraan ialah proses kebiasaan. Kalau instruktur mengemudinya salah dalam memberikan instruksi, akhirnya nanti akan menjadi kebiasaan,"ucap Berry usai pelantikan pada Selasa (10/12).


Berry juga menjelaskan, dalam mengemudi diperlukan suatu kebiasaan yakni fokus. Tidak hanya sekedar bisa mengemudikan kendaraannya saja, tetapi juga harus paham tentang aturan lalu lintas, teknik mengemudi, kondisi jalan dan juga tentang pengenalan kendaraannya itu sendiri.


"Jika tidak fokus dalam mengemudi, bisa mengakibatkan kecelakaan. Karena salah satunya kendaraan bermotor adalah mesin pembunuh. Rata-rata di Indonesia lima orang meninggal dunia setiap jamnya akibat kecelakaan dijalan raya,"tuturnya.


Maka dari itu, khusus sekolah mengemudi yang berada dibawah pembinaan APMI, nantinya bukan hanya sekedar mendidik pengemudi pemula dari yang tidak bisa menjadi bisa.


"APMI bukan hanya sekedar mendidik, tetapi juga meningkatkan kompetensi dari pengemudi yang sudah bisa seperti pengemudi angkutan bus, pengemudi angkutan umum dan pengemudi angkutan barang juga sepeda motor,"ungkapnya.


"APMI tidak hanya melatih pengemudi pemula saja, tetapi juga memberikan pembinaan kepada masyarakat yang berprofesi sebagai supir,"sambungnya.


Lanjutnya, APMI juga menjadikan pihak kepolisian sebagai mitra yang sangat strategis. Karena dalam hal ini pihak kepolisianlah yang berhak mengeluarkan SIM. Oleh karena itu, untuk memudahkan pihak kepolisian dalam mengeluarkan SIM, maka sangat diperlukannya peran serta dari lembaga pelatihan.


"Disinilah sangat dibutuhkan sekali peran serta dari lembaga pelatihan, gunanya untuk memudahkan kerja pihak kepolisian dalam mengeluarkan SIM bagi masyarakat," imbuhnya.


Sementara itu ditempat yang sama, Ketua DPD APMI Kepri, Miftakhudin M.Pd mengatakan dengan hadirnya APMI di Kepri diharapkan bisa menjadi wadah tempat berkumpulnya lembaga-lembaga pelatihan mengemudi yang ada di Batam pada khususnya dan Kepri pada umumnya.


"Saya mengajak kepada seluruh lembaga kursus mengemudi yang sudah ada di Kota Batam untuk dapat meningkatkan kembali kualitas sumber daya manusia supaya bisa terakreditasi dan berkinerja baik,"ucap Miftakhudin pemilik LKP Mawar (Kursus Mengemudi)


"APMI diharapkan bisa memberikan kontribusi nyata bagi lembaga pelatihan mengemudi di Kepri,"tutupnya (EAG)