Batam, News

BPS Gelar Workshop Peningkatan Pengetahuan

Juliadi | Selasa 10 Dec 2019 14:07 WIB | 3169

Jurnalis



MATAKEPRI.COM, BATAM – Badan Pusat Statistik (BPS) menggelar Workshop Peningkatan Pengetahuan Awak Media dalam Memahami Data Statistik di Hotel Ibis Style Batam, Senin (9/12/2019).


Kegiatan cacah jiwa sepuluh tahunan ini akan dilakukan dengan dua sistem, yakni kombinasi antara tradisional dan registrasi daring (online).


Menurut Kepala BPS Batam, Rahyudin, kegiatan Sensus secara Online akan dilakukan pada Bulan Februari 2020 hingga Maret 2020 mendatang.



Dikatakan Rahyudin, bahwa data awal mengenai penduduk ini didapat BPS dari Kementerian Dalam Negeri dan setiap penduduk akan menerima token atau password melalui pesan singkat.


Rahyudin, menjelaskan bahwa bomor induk kependudukan (NIK) bersama token rahasia tadi akan digunakan untuk masuk ke situs sensus.bps.go.id dan setelah masuk ke sistem, setiap kepala keluarga bisa mengisi dan memperbaiki data yang ada sesuai kondisi terbaru, serta dalam situs itu akan ada 19 pertanyaan yang perlu dijawab.



Lanjut Rahyudin, jika masyarakat tidak mengisi secara online, maka pada bulan Juli petugas sensus akan mendatangi rumah penduduk tersebut. Petugas akan membawa gawai untuk membantu warga menyempurnakan data kependudukannya.



Rahyudin, menambahkan bahwa pada tahun 2030 baru sensus secara registrasi sepenuhnya. (Adi) 



Share on Social Media