Nasional , News, Pendidikan

Terbatasnya Guru SD MI Yasifa Leihitu, 2 Prajurit TNI Mengabdi Sebagai Wali Kelas

Juliadi | Senin 09 Dec 2019 17:20 WIB | 353

Sekolah
Pendidikan
TNI
Siswa / pelajar
Angkatan Darat


Prajurit Yonif RK 136/TS sedang mengajar para siswa dikelas. (Foto : Penrem 033)


MATAKEPRI.COM, MALUKU - Bukan hanya menjaga keutuhan NKRI dari ancaman baik dari dalam maupun luar negeri, namun salah satu tugas pokok TNI lainnya adalah ikut serta dalam membantu memajukan kecerdasan umum, khususnya bagi generasi penerus bangsa.


Hal tersebutlah yang dilakukan oleh Praka Lesmana dan Pratu Iqbal yang merupakan personel dari Pos Negeri Lima SSK I Satgas Ops Pamrahwan Maluku Yonif Raider Khusus (RK) 136/Tuah Sakti (TS).


Para siswa memberi salam kepada salah satu prajurit Yonif RK 136 / TS, ketika selesai belajar. (Foto : Penrem033)


Guna mengisi kekosongan tenaga pendidik yang tersedia, kedua Prajurit tersebut mengabdikan diri sebagai wali kelas 2 dan kelas 5 di SD Madrasah Ibtidayah Yasifa, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.  


Kepala Sekolah SD MI Yasifa Ibu Nursing Ningkeula., S.pd mengungkapkan “Saat ini di SD MI Yasifa hanya memiliki tujuh orang tenaga pendidik yang semuanya merupakan tenaga honorer, dikarenakan sekolah kami merupakan sekolah swasta”.


“Namun dari ketujuh guru tersebut hanya tiga guru saja yang aktif untuk mengajar, itupun ketiganya jarang bisa hadir secara bersamaan, sementara jumlah murid yang ada berjumlah 56 orang, sehingga hal tersebut yang membuat terkendalanya proses belajar mengajar di sekolah kami”, sambungnya.


Dirinya sangat berterima kasih kepada personel Satgas yang sudah bersedia dan mampu menjadi wali kelas bagi para murid di sekolahnya, Nursing berkeinginan personel satgas selalu bersedia untuk mengajar hingga terpenuhinya jumlah tenaga pengajar atau guru di SD MI Yasifa.


Salah satu prajurit Yonif RK 136/TS, sedang melakukan senam bersama para siswa. (Foto : Penrem 033)


“Selain memberikan pelajaran membaca, menulis dan berhitung, kedua personel tersebut juga memberikan materi peraturan baris berbaris, materi wawasan kebangsaan, olah raga serta kedisiplinan lainnya kepada para murid” ungkap Danpos Negeri Lima Lettu Inf. M. Yusuf.


“Alasan dipilihnya Praka Lesmana dan Pratu Iqbal adalah dikarenakan kedua personel tersebut memiliki kemampuan untuk mengajar yang sebelumnya sudah dipersiapkan sejak masih berada di home base” jelasnya. (Penrem 033)