Nasional , News, Ekonomi

Bagini Cara Beriklan Di Facebook Ads Denfan Mudah Dan Cepat

| Sabtu 07 Dec 2019 15:30 WIB | 1593



Ilustrasi


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Facebook merupakan media sosial populer. Dengan jumlah pengguna lebih dari 2 miliar, tentu Facebook merupakan media alternatif untuk mengiklankan produk atau jasa kalian.


Lalu, bagaimana cara beriklan di Facebook dan berapa harganya? Berikut tutorial cara beriklan di Facebook dengan mudah dan cepat:


1. Buat Halaman Bisnis


Jika kalian sudah memiliki halaman Facebook bisnis, kalian bisa langsung menuju Facebook Ads Manager atau Business Manager untuk mengatur iklan kalian. Jika belum, buat halaman Facebook bisnis terlebih dahulu.


Tahap-tahap selanjutnya akan menggunakan cara untuk membuat iklan di Facebook menggunakan Ads Manager.


2. Pilih Tujuan


Setelah login di Facebook Ads Manager, klik tab Campaign lalu klik Create untuk memulai kampanye iklan Facebook baru. Facebook menawarkan 11 tujuan pemasaran tergantung pada apa yang ingin iklan kalian capai yaitu:


- Brand awareness

- Reach

- Traffic

- Engagement

- App installs

- Video views

- Lead generation

- Messages

- Conversions

- Catalog sales

- Store traffic


Pilih opsi yang paling cocok berdasarkan tujuan kalian untuk iklan ini. Patut diperhatikan bahwa tujuan pemasaran yang berorientasi konversi (seperti penjualan) bisa kalian bayar per action, tapi untuk tujuan exposure (seperti traffic dan view) kalian harus membayar untuk impressions.


2. Beri Nama Kampanye Iklan


Scroll ke bawah untuk menamai kampanye iklan Facebook kalian. Kalian juga bisa memilih untuk mengaktifkan A/B split test atau tidak. Selain itu ada juga opsi untuk mengoptimalkan budget iklan jika kalian sudah menjalankan banyak iklan di Facebook.


Jika kalian memilih tujuan pemasaran Engagement, kalian juga harus memilih apakah harus fokus di post engagement, page like atau event responses. Pilih sesuai keinginan kalian.


3. Atur Akun Iklan


Jika ini pertama kalinya kalian membuat iklan di Facebook, klik tombol 'Set Up Ad Account'. Setelah itu kalian akan diminta mengisi rincian data untuk membuat akun iklan. Masukkan negara, pilihan mata uang dan zona waktu lalu klik Continue.


Baca juga: Facebook Bikin Alat untuk Migrasi Foto ke Google Photos



4. Pilih Audiens


Setelah itu kalian akan menamai kampanye iklan Facebook dan memilih Page mana yang ingin dipromosikan. Scroll ke bawah untuk membangun segmen audiens yang ingin diincar.


Mulai dengan memilih lokasi target, usia, gender dan bahasa. Saat memilih audiens target, perhatikan indikator ukuran audiens yang ada di sisi kanan layar agar bisa mendapat bayangan seperti apa potensi jangkauan iklan kalian.


Setelah itu kalian bisa melakukan targeting yang lebih mendetail. Kalian akan melihat dua kolom yang bisa membantu memilih audiens yang spesifik sesuai keinginan.


Di kolom 'Detailed targeting' kalian bisa memasukkan atau mengecualikan orang berdasarkan demografi, minat dan perilaku. Sedangkan di kolom 'Connections' kalian bisa menargetkan atau mengecualikan orang yang telah memiliki hubungan dengan halaman Facebook bisnis, aplikasi event yang kalian kelola.


5. Pilih Lokasi Penempatan Iklan


Setelah memilih audiens, scroll ke bawah untuk memilih di mana kalian ingin menampilkan iklan tersebut. Jika kalian masih pemula, lebih baik pilih opsi Automatic Placements.


Dengan memilih opsi ini, Facebook akan secara otomatis menempatkan iklan kalian di Facebook, Instagram, Messenger dan Audience Network di mana iklan tersebut ditampilkan dengan optimal.


6. Atur Budget dan Jadwal


Setelah itu, kalian bisa mengatur ingin membayar berapa banyak untuk iklan tersebut. Facebook tidak mematok harga tertentu dan kalian bisa membayar tergantung kemampuan dan budget yang dimiliki.


Kalian bisa memilih budget harian atau seumur hidup. Kalian juga bisa mengatur jadwal kapan iklan bisa ditayangkan dan jadwal berakhirnya kampanye iklan. Jika sudah selesai dengan pengaturan dan indikator audiens, klik Continue.


7. Buat Iklan


Tahap terakhir di tutorial membuat iklan di Facebook adalah membuat iklan. Pertama, pilih format iklan kalian, lalu masukkan teks dan komponen media untuk iklan.


Pilihan format yang tersedia akan bergantung pada tujuan pemasaran yang telah kalian pilih sebelumnya. Gunakan preview yang ada di bagian bawah untuk memastikan iklan kalian terlihat bagus dan menarik di semua platform penempatan yang dipilih.


Jika sudah puas dengan pilihan dan tampilan iklan kalian, klik tombol Confirm untuk mengirimkan order kalian dan tunggu hingga mendapatkan email dari Facebook yang mengatakan iklan kalian sudah diterima.



(***)

Sumber detik



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait