Batam, News, Kesehatan

Indonesia Masuk Musim Pancaroba, Ini Cara Jaga Daya Imun

| Jumat 29 Nov 2019 13:10 WIB | 2067

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Kesehatan


Ilustrasi pancaroba


MATAKEPRI.COM, Batam - Indonesia saat ini telah memasuki musim panca roba. Angin kencang, hujan yang datang secara tiba-tiba dalam waktu singkat, puting beliung, udara yang terasa panas, serta arah angin yang tidak teratur.


Apalagi di kota Batam sendiri, yang sering terjadi hujan lokal yang sering memebuat oara pengendara roda dua menjadi panik.


Karena itulah saat musim pancaroba tiba kita dipaksa untuk menyesuaikan kondisi udara dan temperatur yang berubah-ubah. Tak hanya itu, sebab bakteri dan virus berkembang biak dengan cepat di musim ini. Sehingga tidak heran seseorang yang memiliki daya tahan tubuh lemah akan rentan terserang penyakit di musim pancaroba.


Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) kota Batam, Didi Kusmarjadi memiliki beberapa tips untuk bisa menjaga kondisi badan agar tetap Fit.


1. Penuhi kebutuhan Cairan Tubuh

Cara mudah pertama yang harus kamu lakukan untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba adalah mencukupi kebutuhan cairan harian. Sebab jika tubuh kekurangan cairan, organ-organ tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif, termasuk sistem kekebalan tubuh.


Karena itulah, mencukupi kebutuhan air di musim pancaroba sangat penting dilakukan untuk mencegah datangnya penyakit.


Usahakan untuk selalu minum delapan gelas air setiap hari dan bawa air minum kemanapun kamu pergi.


Kurangi juga konsumsi minuman bersoda, tinggi gula atau yang mengandung kafein. Sebab minuman-minuman itu bisa membuat perut kembung.




2. Makanan yang sehat dan bergizi. 


Selain mencukupi kebutuhan cairan, kita juga harus memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup. Karena itu, salah satu cara mudah berikutnya untuk membuat tubuh tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh.


Makanan yang sehat dan bergizi masih menjadi salah satu sumber penting untuk menciptakan kondisi tubuh yang prima.


Usahakan untuk selalu makan nasi, sayur, lauk pauk, buah dan susu. Kelima makanan ini adalah sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Sedangkan susu adalah pelengkap yang membantu tubuh tetap kuat dan berenergi. Selain itu, sebaiknya hindari berbagai makanan cepat saji yang memiliki banyak dampak buruk untuk kesehatan.



3. Konsumsi Suplemen vitamin

untuk menjaga daya tahan tubuh.


Setelah mencukupi kebutuhan cairan dan nutrisi tubuh, kamu bisa membentengi diri dengan mengkonsumsi vitamin atau suplemen. Apalagi di musim pancaroba seperti saat ini, vitamin atau suplemen akan sangat berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh. Sehingga kamu tidak akan mudah terserang berbagai jenis penyakit.



4. Pentingnya mencuci tangan.


Hal ini tentunya harus di biasakan sejak usia dini. Karena kebiasaan mencuci tangan dengan sabun bisa mencegah masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. 



5. Menjaga kebersihan di rumah. 


Berbagai perabotan di rumah biasanya menyimpan banyak debu, bakteri dan kuman yang bisa membuat kita lebih mudah sakit di musim pancaroba. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan rumah dan berbagai perabotan yang ada di rumah.


Jika masih ada tumpukan sampah, segera bersihkan. Jangan lupa juga untuk mengikat rapat semua sampah serta menutup tempat penampungan air agar tidak sampai menjadi sarang nyamuk. Sebab tempat yang kotor akan menjadi sarang bagi hewan-hewan pembawa virus dan bakteri. Jika sudah demikian, kamu pasti rentan terserang penyakit.



6. Istirahat teratur agar kondisi kesehatan tubuh selalu terjaga



Istirahat juga tak kalah penting untuk membuat tubuh tetap sehat dan terhindar dari beragam penyakit. Sebab tidur merupakan waktu bagi organ tubuh untuk beristirahat. Jika kamu sering begadang dan kurang tidur, organ tubuh pun akan kelelahan. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh akan melemah dan kamu lebih gampang terserang penyakit di musim pancaroba. Dalam kasus yang parah, kurang tidur bahkan bisa menyebabkan kematian.


Karena itu, sebaiknya kamu membiasakan diri untuk beristirahat dengan cukup selama 6-8 jam sehari. Hindari berbagai aktivitas yang bisa mengganggu tidur, seperti bermain ponsel, menonton film, makan, bermain-main dan sebagainya. (AM)



Share on Social Media