Nasional , News, Ekonomi

Perencanaan Pergantian STNK model baru, Ini Perkembangan Nya

| Jumat 29 Nov 2019 10:18 WIB | 1842

Satlantas


Perencanaan pergantian STNK ke model Elektronik.


MATAKEPRI.COM, Batam - Usai meluncurkan Smart SIM atau SIM Elektronik yang memiliki sejumlah kelebihan dibanding model sebelumnya. Kini Korlantas Polri kembali membuat gebrakan dengan berencana mengeluarkan e- STNK atau STNK Elektronik.


Seperti halnya Smart SIM, e-STNK akan berbentuk kartu dengan sebuah chip yang tertanam di dalamnya. STNK model baru ini jadi salah satu langkah Polri dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk memberi kemudahan bagi masyarakat.


Mengenai kapan waktu peluncuran STNK terbaru ini, Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Arif Fazlurrahman mengaku sedang mendalami penerapan dari rencana tersebut.


“e-STNK masih dalam wacana pembahasan, butuh FGD dan kajian lanjutan sebelum benar-benar diluncurkan,” ujarnya kepada (1/11).


Sebelumnya, Direktur Registrasi Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen Pol Halim Pagarra, mengatakan pihaknya sedang menyiapkan STNK model baru.


“Benar akan jadi kartu, namun desainnya masih bisa berubah, dalam pengkajian,” ucap Halim Pagarra.


Soal peluncurannya, Jenderal Bintang Satu ini belum dapat memastikan kapan rencana tersebut bakal terealisasi.


Meski begitu, STNK ini disebut punya beberapa keunggulan, salah satunya bisa menyimpan identitas pribadi dan melakukan berbagai pembayaran. 



(***)

Sumber Tempo



Share on Social Media