Batam, News, Mata Foto, Ekonomi, Batam

Para Pencaker Harus Kecewa Di Job Fair Batam 2019

Agung | Jumat 22 Nov 2019 13:46 WIB | 529

Pemko Batam
Pemprov Kepri
Kawasan Industri
Pencaker


Para pencari kerja yang tengah memadati kawasan MPH Batamindo di Kegiatan job fair Batam 2019. (Foto : Agung)


MATAKEPRI.COM, Batam - Job Fair 2019yang telah digelar sejak Kamis (21/11) kemarin hingga Jumat (22/11) yang berlokasi di Multi Purpose Hall (MPH) Batamindo masih dipadati oleh para pencaker.


     • Baca Juga : Server Pendaftaran Busra Kerja Down, Pencaker : Kami Harus bagaimana ?


kedatangan para pencaker ke lokasi tersebut masih berharap adanya lowongan yang dibuka oleh pihak perusahaan yang kualifikasi nya lebih menjuru para mayoritas SDM yang saat ini tersedia.


"Sejak dibuka pada Kamis kemarin kita telah datang ke lokasi ini, namun kualifikasi yang diberikan oleh pihak perusahaan tidak sesuai kriteria dari kebanyakan para pencakar yang telah berkumpul di MPH ini," Kata Olin, yang ditemui di area MPH Batamindo saat tengah beristirahat.


     • Baca Juga : Ribuan Pencaker Padati MPH Batamindo


Meskipun dalam pameran lowongan pekerjaan 2019 ini ada sebanyak 30 perusahaan yang terdaftar membuka Lowongan, tapi hanya ada satu perusahaan yang membuka untuk posisi operator.


Selebihnya, para perusahaan itu membuka lowongan untuk mengisi jabatan yang cukup tinggi. Seperti di Bagian Accounting staff, supervisor, HRD dan Manager.


     • Baca Juga : Daftar Job Fair 2019, Wajib Melalui Aplikasi, Dan Tak Menerima Pendaftaran Berkas Fisik


"Sebagian besar para pencaker yang berasa di sini baru memiliki pengalaman dibagian Operator, dan itu cuma satu perusahaan, selebihnya jabatan yang tinggi, apalagi harus ada pengalaman," keluh Olin.


Bahkan ada beberapa waktu lalu, ada perusahaan yang membuka lowongan di MPH Batamindo, untuk mengisi bagian operator dengan usia maksimal maksimal 20 tahun.


     • Baca Juga : Kado Perdana Hut Kota Batam Di Berikan Oleh Dinas Kesehatan Kota Batam


"Ada yang butuh di bagian operator, tapi usia 20 tahun dan harus berpengalaman. Kalau usia segitu kan baru pada lulus sekolah, ya pasti susah buat kita bisa masukkan lowongan itu," Ucap Fani, seorang pencaker lainnya.


kadisnaker provinsi Kepri, Tagor Tampubolon yang menghadiri peresmian job fair Batam 2019 di MPH Batamindo. (Foto : Agung)


Dilokasi yang sama, kepala Dinas ketenagakerjaan (Disnaker) provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Tagor Tampubolon mengatakan bahwa kegiatan ini akan dijadikan dasar untuk mengembangkan kebutuhan lapangan kerja yang ada di kota Batam.


     • Baca Juga : OS Style Hotel Sukses Gelar Perlombaan Kolase Anak


"Dengan kegiatan Job Fair ini dan berkumpulnya para pencari kerja di satu titik, pemerintah bisa mengetahui bahwa di batam masih banyak yang membutuhkan lowongan pekerjaan," Ucap Tagor, saat berada di kawasan MPH Batamindo, pada Kamis (21/11).


Dan bisa juga dijadikan sebagai acuan untuk pengembangan kualifikasi pendidikan yang ada saat ini yang telah tersedia.


     • Baca Juga : Bina penta targetkan 2 RB pencaker Terserap Dalam Job Fair 2019


"Setelah kita tau Kualifikasi pendidikan para pencari kerja, perusahaan juga tahu bidang apa yang akan dikembangkan selanjutnya," ungkap nya.


"kita juga kan mengadakan pelatihan di balai setempat kepada para pencaker untuk bisa meningkatkan skil yang di miliki," kata Tagor.


Di juga mengatakan bahwa di provinsi kepri sendiri terdapat 69.000 pengangguran terbuka, dan khusus untuk di wilayah batam sendiri ada sebanyak 68.000 pengangguran.


     • Baca Juga : Kapal TB Tirta Samudra XXVII Resmi Di Sita PN Batam, Setelah PT. USJ Menang Gugatan dari PT. Bandar


Dikatakan oleh Tagor bahwa jumlah tersebut dirasa wajar apabila melihat jumlah penduduk di kota batam, dan bila dibandingkan di beberapa kota lainnya.


"Dengan jumlah itu kita jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan kota Jawa timur dan Jawa tengah, yang angkatan kerja dikota Batam hanya sekitar 1 jutaan," Pungkasnya. (AM)