Karimun, News

Karimun Raih Penghargaan Swasti Saba Kota Sehat 2019

| Rabu 20 Nov 2019 10:50 WIB | 2514

Kesehatan
Menteri/Wamen


Bupati Karimun, Aunur Rafiq menerima piagam penghargaan dari Mendagri, Tito Karnavian. (Istimewa)


MATAKEPRI.COM, Karimun - Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes, Imran Agus Nurali, menyampaikan pengahraga yang di dapat oleh kabupaten Karimun merupakan upaya yang dilakukan oleh kabupaten Karimun selama dua tahun terakhir.


Dan juga, penghargaan tersebut di berikan masih dalam rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN), yang di peringati pada tanggal 12 November.


"Penghargaan diberikan atas upaya yang dilakukan daerah selama 2 tahun terakhir di setiap periode pemberian penghargaan dan diberikan dalam rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN)," Ucap Imran Agus Nurali.


Kabupaten tersebut meraih penghargaan Swasti Saba ketegori sebagai Kabupaten Kota Sehat 2019.


Penghargaan tersebut pun diberikan langsung oleh Menteri kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto dan Mendagri RI, Tito Karnavian. Penyerahan penghargaan dilakukan di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (19/11) kemarin.


Penghargaan Kabupaten Kota Sehat tersebut diterima langsung oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq.


Verifikasi dari Kemenkes, dilakukan baik secara dokumen maupun verifikasi ke lapangan di tingkat nasional. Dan pada tahun 2019, terdapat sedikitnya 202 kabupaten kota yang telah melakukan pengusulan agar di lakukan verifikasi oleh Kemenkes RI


"Dari hasil verifikasi lapangan, selanjutnya dirapatkan dengan Kementerian Dalam Negeri," kata Imran.


Kriteria penghargaan adalah Pada kualifikasi pemantapan (2 tatanan); Wiwerda untuk kualifikasi pembinaan (3 tatanan); dan Wistara untuk kualifikasi pengembangan (5 tatanan).


Penghargaan tersebut diberikan kepada 6 Gubernur, 177 Bupati dan Walikota, serta 3 orang motivator dari tim pembina yang aktif mengkoordinasikan dan membina seluruh forum kabupaten/kota di wilayah provinsinya untuk menyelenggarakan kabupaten/kota sehat, hal tersebut di sampaikan oleh Didi Irawan selaku kabag Humas Pemkab Karimun.


"Para penerima penghargaan diberikan sertifikat yang ditandatangani oleh Menteri Kesehatan RI," Ucap Didi.


Sedikit informasi, bahwa penghargaan kabupaten Kota Sehat/Swasti Saba telah diselenggarakan sejak tahun 2005.


Yang mana hal tersebut mengacu pada peraturan bersama menteri dalam negeri dan menteri kesehatan nomor 34 tahun 2005 dan Nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005. (AM)



Share on Social Media