Batam, News, Kesehatan, Ekonomi

Ini Waktu Terbaik Sikat Gigi Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam

Agung | Jumat 15 Nov 2019 16:59 WIB | 241

Pemko Batam
Kesehatan
Pendidikan


Kepala Dinas kesehatan kota Batam, Didi Kusmarjadi.


MATAKEPRI.COM, Batam - Sejak usia dini, para anak telah di ajakan cara menggosok gigi yang baik dan benar. Himbauan untuk menjaga kesehatan gigi juga sering kita dengar dan dapat saat duduk di bangku sekolah.


Karena menurut kepala Dinas Kesehatan kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan  bahwa kesehatan gigi dan mulut yang buruk dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit membahayakan. Sehingga gigi dan mulut adalah panca indra vital yang perlu diutamakan pemeliharannya.


Rongga mulut merupakan salah satu pintu masuk bakteri penyebab penyakit ke bagian tubuh lainnya, baik aerob maupun anaerob. Bakteri pada rongga mulut ternyata dapat menyebar melalui aliran darah, yang disebut dengan bakteremia.


Jika kesehatan mulut Anda optimal, bakteri yang dapat masuk ke dalam aliran darah hanya sedikit dan tidak membahayakan tubuh. Namun jika kesehatan mulut Anda tidak dalam keadaan baik, maka jumlah bakteri yang akan masuk ke dalam aliran darah meningkat dua hingga sepuluh kali lipat. Hal tersebut dapat meningkatkan peluang terjadinya bakteremia menjadi lebih besar.


"Tentu saja mulut da gigi ini sangat berpengaruh penting bagi kesehatan tubuh, karena seluruh asupan yang masuk ke dalam tubuh, melalui mulut dan gigi," Ucap Didi kepada Matakepri.com belum lama ini.


Didi mengatakan, optimal nya menggosok gigi di lakukan dua kali dalam sehari, karena dalam waktu 4 jam, bakteri mulai bercampur dengan makanan dan membentuk plak gigi. Menyikat gigi setelah makan bertujuan untuk menghambat proses ini.


"Akan lebih baik jika kita bisa menambah waktu menyikat gigi, seperti setelah makan siang, atau minimal berkumur air putih setiap habis makan," ungkap Didi.


Sedangkan untuk waktu terbaik menyikat gigi, menurut mantan Direktur RSUD Kepri, Tanjunguban santer tersebut, pagi hari setelah sarapan pagi dan juga malam hari sebelum tidur menjadi waktu yang sangat bagus.


"Kalau frekwensi hanya 2 kali waktu pagi setelah sarapan dan sebelum tidur menjadi waktu yang bagus, tapi akan lebih baik jika pada siang hari kita juga mengikat gigi usai makan," jelas nya.


"Kita harus menjaga kebersihan mulut, karena hal tersebut sangat penting, yang telah diajarkan kepada kita sejak dini," Pungkasnya.

Berikan beberapa dampak kesehatan gigi dan mulut yang buruk, jika kita tidak rajin merawatnya.

   • Baca juga : Ini Penyakit Yang Akan Mengintai Saat Kita Malas Jaga Kesehatan Mulut Dan Gigi

(AM)